NH-SYL Menyatu di Pilwali Makassar? Begini kata Pakar

oleh -4.402 views

UPDATESULSEL- Jika saja gerbong, Nurdin Halid dan Syahrul Yasin Limpo (NH-SYL) menyatu di Pemilihan Walikota (Pilwali) Makassar. Maka, kedua kubu ini akan menjadi kekuatan besar memenangkan Pilwali Makassar yang akan digelar pada, 9 Desember 2020 mendapatang.

Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus menyebutkan kekuatan, NH-SYL  keduanya figur yang memiliki magnet besar mempersatukan jaringan politik masing-masing untuk memenangkan Pilwali Makassar.

“Tentu kekuatan yang patut diperhitungkan. Sebab, mereka adalah dua tokoh yang punya kemampuan membangun jaringan, kemampuan finansial dan punya militansi tim yang bagus,” kata Nurmal Idrus, Jumat (26/6/2020).

Sementara pakar ilmu politik UNHAS, Sukri mengutarakan, NH-SYL dua kubu yang akan memberikan kejutan besar jika memang menyatu di Pilwali Makassar.

“Jika dua kubu ini bersatu, maka sebagai dua patron politik yang cukup kuat. Maka jika keduanya bersatu tentu kekuatannya akan menjadi signifikan dan pengaruh keduanya baik secara sosial,politik maupun ekonomi, tentu akan cukup memberi dinamika dalam pilwali Makassar,” ujar Sukri.

“Jadi hitungan diatas kertas memang akan bagus jika kedua kubu ini dapat bersatu dan fokus bekerja untuk mendukung satu pasangan calon yang disepakati. Hanya yang mungkin akan sedikit rumit adalah jalan menuju pernyatuan kedua kubu ini. Karena tentu saja hitungannya bukan hanya sekedar hitungan hitungan peluang pada pilwali namun juga hitungan kepentingan ekonomi politik masing masing pihak,” ungkapnya.

Sukri berharap, NH-SYL menemukan titik kecocokan atau kesepakatan diantara keduanya untuk menyatu di Pilwali Makassar.

“Jika mereka mampu menemukan titik kesepakatan, maka bukan tidak mungkin dua kubu yang selama ini dianggap berseberangan mungkin dapat bersatu. Artinya, ini akan beramgantung pada deal deal yg mungkin akan terjadi. Tentu saja hal ini tidak hanya sekedar untuk kepentingan saat ini, namun juga kepentingan mereka dan partai politiknya ke depan,” ungkap Sukri.

Untuk Pilwali Makassar Nurdin Halid menyiapkan putranya, Andi Zunnun Halid di Pilwali Makassar dengan modal dukungan partai Golkar.

Sementara di pihak, Syahrul Yasin Limpo untuk Pilwali Makassar ada adik kandungnya, Irman Yasin Limpo akan juga akan maju bertarung di Pilwali Makassar dengan modal dukungan PAN. (Sofyan)