Muslimin Bando Resmi Tinggalkan Golkar

oleh -54 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS –  Usai menerima surat pengunduran diri resmi Muslimin Bando (MB) sebagai Ketua Golkar Enrekang, jajaran DPD I Golkar Sulsel akan menggodok pengganti yang bersangkutan.

Ketua Bappilu Golkar Sulsel, Lakama Wiyaka menyampaikan surat pengunduran diri MB diterima sore tadi, diantarkan ajudan Muslimin Bando yang juga Bupati Enrekang dua periode.

“Tentu pengurus DPD Sulsel (mengambil alih) dibantu kader lainnya,” kata Lakama, Selasa, 26 September 2023. Ia menyampaikan pada dasarnya Golkar di Enrekang tidak kekurangan kader meski tanpa MB.

Namun untuk kondisi saat ini, Golkar cenderung mendorong kader satu tingkat di atasnya (DPD I) sebagai pengganti MB. Apalagi partai akan menghadapi agenda Pileg dan Pilpres 2024.

“Karena ketua itu mandataris musda, jika ketua berhalangan maka dikembalikan kepada penanggungjawab musda, yaitu satu tingkat di atasnya,” kata Lakama.

Ditangan, Muslimin Bando, perolehan kursi Golkar Enrekang justru terus menurun saat MB menjabat ketua. Yakni dari delapan kursi pada Pileg 2009 saat dipimpin La Tinro, menjadi 7 di Pemilu 2014 dan turun lagi enam kursi di Pemilu 2019 lalu di tangan MB. (*)