MPR: Mahasiswa Harus Melakukan Pengabdian kepada Masyarakat

oleh -28 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Wakil Ketua MPR Yandri Susanto mengajak mahasiswa Untirta untuk mengamalkan tri dharma penguruan tinggi. Tri dharma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat merupakan tujuan yang harus dicapai oleh seluruh civitas akademika.

“Mahasiswa wajib melakukan praktek pengabdian kepada masyarakat. Sehingga tidak hanya berkutat dengan permasalahan tugas yang diberikan di kelas. Namun yang lebih penting adalah kehadiran mahasiswa memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelas Yandri Susanto.

“Pelaksanaan dari tri dharma perguruan tinggi bertujuan untuk menciptakan generasi muda dengan kemampuan berpikir yang kreatif, inovatif serta mandiri. Hal ini hanya bisa dicapai apabila mahasiswa terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

“Karena selembar ijazah yang diterima ketika lulus tidak akan bermanfaat ketika kehadiran mahasiswa tidak bisa peka dan merasakan denyut nadi kebutuhan masyarakat,” ungkap Yandri. “Kepekaan inilah yang menjadikan kita manusia yang bermanfaat, sehingga bisa memperjuangkan apa yang kita yakini benar. Mahasiswa mempunyai tanggung jawab menjadi manusia terbaik di lingkungannya. Baik di lingkungan sosial ataupun lingkungan rumah tinggalnya,” lanjut Anggota DPR dari Dapil Banten II ini.

Diakhir acara Yandri berharap mahasiswa Untirta menjadi Pemimpin masa depan Indonesia dengan mempersiapkan diri menghadapi persaingan global yang sudah terjadi di depan mata.

“Persiapkan diri, karena pasti ada waktunya bagi kalian untuk menjadi pemimpin. Asah terus kepekaan terhadap masyarakat dan tidak lupa tingkatkan kemampuan intelektualitas sehingga siap bersaing dalam pergaulan global,” tutup Yandri. (*)