Merdeka bagi Zunnun, Berbuat dan Tidak Diam

oleh -53 views
oleh

UPDATESULSEL– Jika pahlawan dahulu memaknai kemerdekaan dengan keberhasilan mengangkat senjata dan mengusir penjajah, generasi saat ini memaknainya beragam. Salah satunya, dengan berbuat kebaikan.

Demikian kandidat calon Wakil Wali Kota Makassar, Andi Zunnun Nurdin Halid memaknai arti kemerdekaan. Baginya, negara ini butuh generasi, pemimpin, dan rakyat yang mau berbuat sesuatu untuk bangsa.

Berbuat dalam artian tidak dibatasi. Asal positif dan tidak diam. Termasuk berbuat untuk meraih cita-cita. “Merdeka itu berbuat. Jika mengisi kemerdekaan tanpa berbuat, diam saja, maka kemerdekaan itu tidak ada artinya,” kata Zunnun, Senin (17/8).

Setiap tahun seluruh rakyat Indonesia merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang jatuh pada 17 Agustus. Semua lapisan masyarakat ikut berpartisipasi menyemarakkan peringatan kemerdekaan dengan cara masing-masing.

Kali ini meski dilakukan dengan cara berbeda, namun tidak mengurangi rasa dan jiwa nasionalisme warga negara.

Zunnun sendiri merayakan HUT RI dengan bertegur sapa bersama warga Tamalanrea. Malam nanti, akan ikut serta membacakan puisi bersama 75 tokoh Sulawesi Selatan lainnya secara virtual.

Menurut Zunnun, kemerdekaan yang paling hakiki adalah semangat nasionalisme harus terus digelorakan, walau di masa pandemi seperti ini. Baginya, jiwa kebangsaan tak boleh luntur.

“Terutama untuk kaum muda, milenial bagaimana agar bisa turut serta berpartisipasi untuk negeri. Tidak merasa bangga dengan budaya negara lain,” tegasnya.

Zunnun pun mengajak seluruh warga Kota Makassar, terutama kaum milenial untuk berperan aktif mengisi kemerdekaan. Caranya bisa dengan melakukan hal positif sesuai kesukaan masing-masing. (*)