Mentan-Wali Kota Canangkan Lorong Pertanian di Makassar

oleh -335 views
oleh

UPDSTESULSEL.NEWS – Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo, bertandang ke Kantor Balai Kota Makassar, Rabu (24/11/2021).

Kunjungan silaturahmi mantan Gubernur Sulsel ini, disambut Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto juga Sekretaris Daerah (Sekda) Makassar Muh Ansar serta para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Mentan yang kerap disapa SYL ini, membeberkan kunci suksesnya berkarir hingga saat ini.

“Bekerjalah dengan ikhlas, tulus, dan serius. Bekerja itu ibadah jadi lakukan yang terbaik. Ikuti perintah pimpinan selagi masih dalam koridornya. Itulah kunci ketenangan bekerja,” ungkapnya di hadapan para pejabat lingkup Pemkot Makassar.

Mantan Bupati Gowa ini, menambahkan, jabatan adalah amanah yang harus dijaga dan siap dilepaskan jika tak mampu menjadi yang terbaik.

“Jangan ragu akan rezeki. Jabatan itu harus dijaga, tapi jika amanah tidak mampu dilaksanakan dengan baik, maka siapkan dirimu untuk dikomentari dan belajarlah memperbaiki kesalahan. Namun, harus pula siap melepas jabatan,” pesan Syahrul.

Seperti yang diketahui bersama semenjak figurnya menduduki jabatan Mentan, peningkatan pertanian Indonesia naik menjadi 16,24 persen. Hal ini tentu upaya dan inovasi yang di lakukan untuk mendorong masing-masing daerah memanfaatkan lahannya untuk pertanian.

Di Kota Makassar, lahan yang tersedia sekitar 6.000 Hektare (Ha). Oleh karena itu, di hadapan Wali Kota Makassar, Syahrul meminta agar diberikan lahan sekitar 1.000 Ha untuk dikelola bersama untuk meningkatkan omzet pertanian di Makassar.

“Insya Allah, kita ini sama-sama orang Makassar harus saling bantu, saling topang. Berikan saya lahan De’ Danny dan kita kelola untuk peningkatan omzet pertanian di kota tercinta kita ini,” jelasnya.

Ia pun mengapresiasi berbagai inovasi yang dilakukan Wali Kota Makassar, namun meminta agar lorong di manfaatkan menjadi lorong pertanian.

“Ayo deh saya minta tiga dulu kecamatan yang akan kita lihat untuk dimanfaatkan menjadi lorong pertanian. Ini semua untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan juga memberdayakan lahan yang ada,” ajak Syahrul.

Sementara, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, mengatakan, kesiapannya dan ungkapan terima kasihnya atas petuah yang telah dibagikan.

“Mentan ini kakak dan orang tua kita. Pejabat yang telah melalui semua tahapan jabatan, jadi tempat belajar yang tepatlah memang. Terima kasih petuah, motivasi, dan arahannya Pak Mentan dan Kota Makassar siap untuk mendukung program Kementan (Kementerian Pertanian), yakni lorong pertanian,” terang Danny Pomanto. (*)