Mau Punya Uang Baru Pecahan Rp 75 Ribu? Begini Caranya

oleh -559 views

UPDATESULSEL–  Per hari ini, Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) resmi meluncurkan uang baru pecahan Rp75.000. Adapun, peluncuran uang ini sebagai bentuk mensyukuri kemerdekaan Indonesia ke-75.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan, per hari ini,uang tersebut secara resmi dikeluarkan dan diedarkan sebagai alat pembayaran yang sah. Perry bilang, penukaran untuk pecahan uang baru Rp75.000 ini bisa dilakukan secara online.

“Penukaran ini dapat dilakukan dengan pemesanan secara online melalui aplikasi PINTAR yang disediakan per hari ini, juga dilakukan sejalan dengan protokol Covid-19,” beber Perry, dalam konferensi pers virtual Peluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI di Jakarta, Senin (17/8/2020).

Dia menyampaikan, masyarakat dapat memperoleh uang ini melalui mekanisme penukaran uang rupiah senilai Rp 75.000 atau sesuai nominal uang kemerdekaan.

“Kami telah mendistribusikan uang ini ke seluruh kantor-kantor bank Indonesia sehingga masyarakat dapat melakukan penukaran uang pecahan baru ini,” tandas Perry.

Soal keistimewaannya, kata Perry, uang pecahan Rp 75.000 ini dilengkapi dengan unsur pengamanan teknologi terbaru dan bahan kertas yang lebih tahan lama. Inovasi tersebut  bertujuan agar uang tersebut semakin mudah dikenali ciri keasliannya dan sulit dipalsukan.

“Inovasi dilakukan secara berkala dan terencana agar Rupiah tetap menjadi kebanggaan kita bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI,” imbuhnya. (Kiki)