Mau Klaim Token Gratis Listrik November? Cek di Sini!

oleh -48 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS– PT PLN (Persero) kembali memberikan stimulus listrik gratis terhadap pelanggan penerima bantuan dari pemerintah untuk penggunaan bulan November atau klaim token listrik bulan November 2020.

BUMN setrum plat merah itu menginformasikan perpanjangan stimulus listrik gratis melalui Instagram PLN dengan akun pln_id.

Lewat akun tersebut, PLN menuturkan stimulus token listrik diberikan dalam bentuk diskon 100% dan 50%. Keringanan 100 persen alias gratis tersedia untuk pelanggan rumah tangga, bisnis kecil, industri, dan sosial kecil berdaya 450 VA.

Sementara, potongan 50 persen berlaku untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA. Pelanggan yang bisa mengakses token listrik gratis dari PLN harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

“Hai Electrizen, Tahukah kamu bahwa Pemerintah telah memperpanjang stimulus keringanan tagihan listrik hingga Desember 2020 loh,” tulis @pln_id, dikutip Kamis (29/10/2020).

Sama seperti bulan-bulan sebelumnya, ada dua cara utama bagi kedua golongan pelanggan tersebut untuk mendapatkan token gratis, yakni melalui situs web dan WhatsApp resmi PLN.

Berikut cara mendapatkan token listrik gratis Bulan November 2020 via website PLN:

Buka alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).

Masukkan ID pelanggan/nomor meter.
Kemudian token gratis akan ditampilkan di layar.

Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara:

Buka aplikasi WhatsApp.
Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID pelanggan.

Token gratis akan muncul
Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Sementara itu, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses internet tetap bisa menikmati fasilitas token listrik gratis dari PLN.

“Untuk masyarakat terpencil atau susah akses internet, masih banyak cara untuk bisa klaim token listrik gratis,” kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero), Bob Saril.

Cara pertama adalah bagi pelanggan yang berhak menerima subsidi listrik, namun tinggal di daerah terpencil tanpa akses internet, maka bisa mendatangi perangkat desa terdekat, kemudian meminta perangkat desa mencatat ID PLN dan melaporkan melalui perangkat desa kepada PLN.

“Nanti nomor token akan diberikan melalui perangkat desa,” kata Bob.

Begitu pula bagi pelanggan yang tidak memiliki akun WA. Selain itu jika masih ada akses telepon, kata dia, bisa menghubungi kontak PLN 123 dan minta disambungkan kepada pelayanan pelanggan, nanti akan diarahkan oleh layanan pelanggan.

Langkah terakhir apabila tidak ada internet dan telepon, maka pelanggan bisa mendatangi kantor PLN terdekat di seluruh penjuru Indonesia.

“Yang terpenting adalah nomor ID Pelanggan PLN selalu dicatat untuk dimintakan informasi kepada kantor PLN atau perangkat desa,” pungkasnya.