Marak Calo di Disdukcapil Makassar, Sekdis Berang

oleh -221 views

UPDATESULSEL.NEWS-  Masyarakat yang hendak mengurus administrasi kependudukan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mengeluhkan masih maraknya calo di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar.

Bahkan beberapa oknum di bagian depan kantor tersebut secara terang-terangan menawarkan diri untuk dapat mempercepat pengurusan dokumen warga dengan imbalan bayaran harga yang cukup tinggi.

Salah satu warga Kecamatan Tallo yang tidak ingin disebut namanya, Selasa (24/8/2021), mengaku dirinya sempat ditawari jasa oknum yang diduga calo ketika tengah menunggu antrian untuk mengurus pembuatan Kartu Keluarga (KK).

“Saya didekati oknum tersebut yang menawarkan diri untuk mempercepat proses pembuatan yang akan saya urus dengan harga seratus ribu,” ungkapnya, Rabu (25/8/2021).

Menurutnya, ada beberapa warga yang terpaksa mengambil jalan pintas, tapi keberadaan calo tersebut seharusnya dibersihkan dari Disdukcapil karena merugikan terutama bagi warga yang terburu-buru dan ingin proses cepat.

Saat dihubungi, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar, Chaidir, mengatakan selama ini pihaknya tidak pernah memungut biaya dari warga pemohon pengurusan administrasi kependudukan.

Jika ada laporan warga yang masuk pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Polrestabes Makassar untuk melakukan razia terhadap calo yang masih berkeliaran di lingkungan kantornya.

“Kami sudah beberapa kali sosialisasi terkait tidak dipungutnya biaya untuk pengurusan administrasi kependudukan, namun hingga saat ini calo masih sering beroperasi secara sembunyi-sembunyi, kami berharap warga bisa melapor langsung dan menunjuk siapa calonya,” sebutnya. (AN)