Mantan Ketua LADI: Presiden WADA Apresiasi Langkah Menpora

oleh -27 views

UPDATESULSEL.NEWS – Witold Banka, Presiden Lembaga Antidoping Dunia (WADA), disebut mengapresiasi langkah yang dilakukan Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI.

Kabar ini disampaikan oleh dr. Zaini Khadafi Saragih, mantan Ketua Lembaga Antidoping Indonesia (LADI) periode 2017-2020.

Namun, apresiasi sang presiden bukan datang baru-baru ini, melainkan sudah setahun yang lalu. Hal ini terjadi saat Menpora dan LADI melakukan teleconference dengan WADA pada 6 Oktober 2020.

“Sebetulnya, pas di bulan ini tepat setahun yang lalu itu teleconference dengan Presiden WADA Mr. Witold Banka dan waktu itu karena saya masih jadi ketua mendampingi. Pada saat teleconference itu Mr. Banka sangat bangga dengan Indonesia,” kata Zaini.

“Beliau memberikan apresiasi kepada pemerintah, khususnya Pak Menteri, karena mendukung LADI selama kepengurusan kita empat tahun sehingga selama empat tahun itu kita complience, semua persyaratan terpenuhi, itu terjadi bulan Oktober 2020.”

Pujian Witold ini juga datang atas keinginan Indonesia untuk mendirikan Lab Antidoping sendiri. Hal ini tentu memudahkan penanganan dan proses pelaporan ke WADA.

“Jadi, waktu itu saking bahagianya Presiden WADA omongannya mengalir sampai ketika Pak Menteri waktu itu menyinggung pendirian lab di Indonesia dan Presiden Banka sangat mendukung,” ungkap Zaini.

Sementara itu, Zaini menyebut bahwa pihaknya sudah menyelesaikan tugas yang diberikan oleh WADA di akhir masa kepengurusannya, yakni tentang peraturan antidoping 2021 dan sudah diserahkan untuk persetujuan.

“Di akhir tugas saya itu sebenarnya ada satu tugas yang harus diselesaikan, yaitu peraturan antidoping 2021 dan alhamdulilah itu sudah kita selesaikan dan sudah diserahkan ke WADA untuk disetujui.” tutur Zaini. (*)