Makassar Dikepung Banjir, Warga Terdampak Mulai Dievakuasi

oleh -218 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Hujan deras melanda Sulawesi Selatan (Sulsel), terkhusus Kota Makassar, membuat sejumlah lokasi tergenang air. Basarnas Sulsel sendiri mulai mengevakuasi masyarakat yang terdampak.

Kepala Basarnas wilayah Sulsel, Djunaidi mengatakan, banjir melanda sejumlah titik di Makassar karena intensitas curah hujan tinggi dalam tiga hari terakhir ini. Air mulai naik ke pemukiman warga sejak semalam.

“Mulai tadi malam hingga siang ini, banjir masih menggenangi sejumlah pemukiman warga di Kota Makassar,” kata Djunaidi saat dikonfirmasi, Selasa 7 Desember 2021 di lokasi.

Berdasarkan data yang diterima Basarnas Sulsel, lanjut Djunaidi, sedikitnya terdapat 16 titik lokasi banjir di Kota Makassar. Dan ketinggian air pun bervariasi. Bahkan, ada sampai dengan ketinggian 1,5 meter atau setara dengan perut orang dewasa.

“16 titik lokasi banjir di Kota Makassar yang tersebar di delapan Kecamatan,” ucapnya.

Beberapa kecamatan yang parah, terdiri dari Kecamatan Biringkanaya, Manggala, Panakkukang dan Rappocini. Sebab warga harus dievakuasi ke tempat aman ataupun ke keluarga mereka.

“Kami evakuasi warga yang terjebak banjir. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan perahu karet,” jelasnya.

Djunaidi mengaku, telah menyebar personel SAR di beberapa lokasi di Makassar yang berpotensi banjir. Basarnas akan terus bekerjasama dengan instansi terkait seperti BPBD, TNI-Polri hingga Potensi SAR lainnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. (*)