Mahfud MD Sebut Pemerintah Berhak Jawab Kritikan Masyarakat yang Salah

oleh -83 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, menyatakan bahwa masyarakat boleh mengkritik apa saja kebijakan pemerintah.

Menurut Mahfud, pemerintah memang harus terbuka dengan kritik. Dia pun mengaku senang jika ada yang menyampaikan kritik.

“Pemerintah itu nggak boleh tertutup pada kritik. Saya justru senang kalau ada kritik, karena bagi saya banyak kritik itu kerjaan jadi ada,” kata Mahfud, dikutip dari tayangan Undip TV Official, Jumat 22 Oktober 2021.

Meski demikian, pemerintah juga katanya berhak memberikan jawaban atas kritik. Menurutnya salah jika pemerintah tidak boleh mengkritik balik sang pengkritik.

“Jangan pula diartikan bahwa kalau pemerintah terbuka terhadap kritik lalu tidak boleh menjawab. Tidak boleh memberi kritik balik bahwa kritik Anda itu salah, misalnya,” ujar Mahfud.

Mahfud hanya menegaskan bahwa pengkritik pemerintah tidak boleh ditindak dengan represif. Namun, jika ada kesalahan dari pengkritik maka pemerintah menurutnya boleh menjawabnya.

“Jangan represif orang ditindak, tapi juga meskipun membiarkan bukan berarti membiarkan orang ngeritik tanpa data, tanpa fakta yang masuk akal,” kata Mahfud.

Karena itu, Mahfud mengajak semua pihak untuk saling berdiskusi. Dari diskusi, katanya akan muncul hal-hal yang perlu diketahui selanjutnya. (“)