Logo Baru, Ka’bah dan Tulisan Partai Keadilan Sejahtera Hilang

oleh -84 views

UPDATESULSEL.NEWS-  Logo Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berganti rupa menjadi berbentuk bulat dengan dominan warna oranye-putih dan sedikit warna hitam. Lambang atau logo baru itu diluncurkan di kepengurusan baru periode 2020-2025.

Selain logo, mars dan hymne partai juga berubah. Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan perubahan logo, mars, dan hymne ini sudah dirumuskan sejak kepengurusan sebelumnya.

“Esensi perubahan ini adalah PKS harus tampil lebih segar, lebih dekat dan terbuka untuk semua kalangan,” kata Aboe dalam keterangannya.

Logo baru ini berubah cukup signifikan dibanding sebelumnya. Logo anyar PKS menggunakan kombinasi warna oranye, putih, dan hitam untuk tulisan ‘PKS’. Berbeda dari logo sebelumnya yang memakai kombinasi warna kuning dan hitam. Unsur dua bulan sabit mengapit untaian padi masih dipertahankan di logo baru. Lambang bulan sabit dan padi berwarna putih berada di bulatan berwarna oranye. Akan tetapi unsur ka’bah di logo lama yang sebelumnya menggunakan warna hitam tak lagi dipakai. Tulisan ‘Partai Keadilan Sejahtera’ di logo lama juga dihilangkan dan cukup tertulis PKS.

Kantor PKS juga sudah diganti cat dominasi warna putih dan oranye Foto Dok PKSKantor PKS juga sudah diganti cat dominasi warna putih dan oranye. (Foto: Dok. PKS)
Saat peluncuran logo baru di Musyawarah Nasional (Munas) ke-V DPP PKS periode 2020-2025 di Bandung, Jawa Barat, pembawa acara menyampaikan makna dari logo baru ini.

Bentuk bulat melambangkan kesetaraan, keteraturan, keserasian, persatuan, dan kesatuan arah demi memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan rakyat di bumi Indonesia yang berlandaskan Pancasila. Warna oranye disebutkan melambangkan kehangatan, harapan, semangat kehidupan yang selalu optimis dan semangat muda.

Kemudian dua bulan sabit melambangkan dimensi waktu, keserasian, keindahan, pencerahan, keluhuran Islam untuk menjaga keseimbangan, kesinambungan sejarah, kejayaan, dan kelangsungan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Adapun untaian 17 butir padi pada tangkai tegak lurus melambangkan adil, ukuwah, istikamah, berani, disiplin dalam menjalankan tugas, serta tegas dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan. Warna putih melambangkan bersih, suci, tulus, ikhlas, dan mulia. Terakhir, warna hitam tulisan PKS melambangkan kemauan keras, disiplin, kekuatan, ketegasan, berwibawa, kepastian, aspiratif, dan perlindungan. (*)