Lingkar Data Indonesia Rilis Survey pilkada Kolaka Utara

oleh -608 views
oleh
  1. UPDATESULSEL-  Lingkar data Indonesia Baru saja merilis Survey terkait Pemilihan kepala Daerah calon bupati dan wakil bupati Kabupaten kolaka Utara 2022 mendatang.

Menurut irfan Kusuma walaupun pemilihan kepala daerah masih terbilang cukup lama tapi tingkat animo masyarakat kolaka Utara terhadap figur pemimpin kedepan nya cukup responsif, ini terbukti dari hasil survey independen lembaga data Indonesia yang dilakukan pada tanggal 5 Juli – 12 Juli 2020 menyebutkan bakal calon bupati yang memiliki elektabilitas tertinggi masih diduduki oleh petahana Drs H. Nurahman Umar, MH dengan tingkat elektabilitas sebesar 51,28 persen kemudian disusul oleh wakil bupati terpilih H. Abbas, SE dengan tingkat elektabilitas 29,89 persen sementara di posisi ketiga muncul pendatang baru dengan latar belakang pengusaha H. Sumarlin 15,12 persen sementara masyarakat yang belum menentukan pilihan sebesar 3,71 persen.

Lembaga survey lingkar data Indonesia yang fokus pada wilayah Pulau Sulawesi secara keseluruhan juga melakukan survey silang Terhadap bakal calon Wakil bupati Kolaka Utara.

Dari Hasil survey tersebut posisi teratas diduduki oleh Buhari dengan elektabilitas 20,20 persen yang juga Menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Kolaka Utara selanjutnya muncul pendatang Baru Haji Yahya yang Berlatar belakang Sebagai Aparatur Negara dengan perolehan 17,92 Persen disusul oleh Tokoh Muda asal Kabupaten Kolaka Utara Amirullah SH yang berstatus sebagai Kepala Desa Tambuha dua periode kecamatan Watunohu dengan tingkat elektabilitas 16,99 persen Kemudian politisi yang berasal dari Partai Moncong Putih yang saat ini di posisi Wakil ketua DPRD kolaka Utara Agusdin,S.Kom dengan persentase 14,30 persen.

Sementara masyarakat yang yang menginginkan tokoh lain nya masih cukup tinggi dengan persentase 30,59 persen
Hasil Survey bakal Calon wakil bupati Cukup Mengejutkan disebabkan beberapa pendatang Baru mempunyai tingkat elektabilitas dari segi Popularitas cukup tinggi sebut saja Haji Yahya yang bercokol di urutan Kedua dan juga Kepala desa Tambuha yang berstatus sebagai incumbent Amirullah SH yang juga Mantan Pengurus Pusat PP Hippermaku,Lembaga Kemahasiswaan asal kolaka utara berada di posisi Ketiga menunjukan bahwa peta politik perebutan tahta pucuk pemerintahan masih cukup dinamis dan akan banyak kejutan yang akan hadir dalam momentum pemilihan kepala daerah kabupaten kolaka utara.

Dalam survey ini menurut irfan juga menyebutkan masyarakat menginginkan program peningkatan ekonomi kerakyatan seperti pengembangan UMKM dan pembukaan lapangan kerja pada bupati terpilih akan datang.
Disampaikan bahwa dalam survey ini metode pengambilan sample menggunakan multistage random sampling atau bertahap secara acak yang meliputi 15 kecamatan di Kabupaten kolaka Utara, dari seluruh kecamatan yang menjadi sampel diambil secara acak ditingkatan bawah hingga terpilih responden yang akan diwawancarai tatap muka dan memenuhi kriteria pemilihan sampel secara statistik sambung irfan Kusuma,sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden dengan menggunakan kusioner
Lingkar Data Indonesia kembali Mempertegas bahwa tidak ada unsur flaming dalam survey tersebut,hasil penilaian harus bersifat Netral dan tidak condong pada salah satu pihak sehingga masyarakat mampu menilai setiap Kandidat secara obyektif
Lingkar data Indonesia akan melakukan survey berkesinambungan terkait pemilukada Kabupaten kolaka Utara tutup irfan Kusuma dalam konferensi persen. (**)