Launching Gorontalo Karnaval Karawo 2022 Road to Unesco

oleh -1 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Pelaksanaan Gorontalo Karnaval Karawo tahun 2022 sekaligus peresmian salah satu kegiatan Kharisma Event Nasional (KEN) ini ditandai dengan launching Gorontalo Karnaval Karawo 2022 Road to UNESCO – Karawo Intangible World Herritage bertempat di Gedung GPCC Kota Gorontalo, Senin (6/6/2022).

Kegiatan bertema “Karawo Inspiring Sulawesi ini dibuka langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dan dihadiri Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Birokrasi dan Regulasi, Kurlina Ukar, Sekdaprov Gorontalo, Forkopimda.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo sebagai pelaksana menyampaikan, karnaval Karawo adalah salah satu kegiatan yang termasuk dalam 110 Top Event Nasional, diikuti oleh Provinsi, Kabupaten/Kota se-regional Sulawesi. Kharisma Event Nasional sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia. Selain Festival Karawo ada Festival Pulau Saronde dan Festival Danau Limboto. Ungkapnya saat menyampaikan sambutan.

“Kami ingin Gorontalo karnaval Karawo ini menjadi momentum untuk terus mendorong, mendukung dan menyosialisasikan Karawo juga momentum bagi pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bangkit kembali,” ujar Rifli Katili.

Ia pun menambahkan bahwa festival karawo pertama kali digelar pada tahun 2011 dan tahun ini sudah yang ke 11 kalinya dilaksanakan. Meski masuk dalam agenda rutin yang digelar setiap tahuh, dua tahun terakhir festival kawaro terpaksa dihentikan karena situasi pendemi Covid-19. Untuk itu pelaksanaan tahun 2022.

“Tujuan dari pelaksanaan Gorontalo Karnaval Karawo yakni mempercepat pemulihan ekonomi nasional maupun lokal setelah dua tahun terakhir diguncangkan pandemi covid-19. Menunjang keterlibatan ekonomi kreatif (EKRAF) utamanya sub sektor EKRAF seperti fashion, kuliner, dan Kriya, perluasan lapangan pekerjaan dan usaha bagi pelaku EKRAF, serta menarik minat masyarakat dalam mengenakan produk karawo sekaligus menguatkan ekonomi melalui pengembangan budaya lokal,” tambahnya.

Sementara itu Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer saat sambutannya berharap adanya pelaksanaan Gorontalo Karnaval Karawo dapat mendorong efektivitas pertumbuhan ekonomi berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat kontribusi bagi masyarakat sekitar. Selebihnya, ekspansi KARAWO sendiri diharapkan bisa lebih luas dan diteruskan oleh generasi ke generasi.
“Saya beberapa kali acara di Jakarta menerima penghargaan bersama Sekda mengenakan corak Karawo di sana termasuk kopiah Karanji juga yang merupakan original produksi di Gorontalo. Beberapa daerah menanyakan dan memuji produk ini. Jadi teman-teman sekalian perlu ekspansi lebih luas untuk bisa mengenalkan karawo diluar sana,” ungkap Hamka.

Untuk mendorong ekonomi kreatif, kegiatan juga melibatkan UMKM, menurut Hamka hal ini memberikan kontribusi terhadap pariwisata dan geliat perekonimian di daerah.

Gorontalo Karnaval Karawo 2022 berlangsung selama tiga hari dari tanggal 6 hingga 8 Juni 2022 dengan kegiatan seperti Talkshow Milenial, Lomba Motif Karawo Anak, dan Lomba Foto Konten Destinasi Wisata di Provinsi Gorontalo pada hari pertama. Selanjutnya Lomba Mo Karawo, Karawo Youth Camp, dan Karawo Fashion Show pada hari kedua. Di puncak festival nantinya ada penyelenggaraan Karnaval Karawo diikuti oleh perwakilan tiap OPD se-Provinsi Gorontalo.(*)