Langsung Normalisasi Sungai, Jembatan Miring Palopo Target Selesai Dua Minggu

oleh -749 views

UPDATESULSEL.NEWS-  Jembatan Miring yang retak di Poros Trans Sulawesi, perbatasan Kota Palopo dan Kabupaten Luwu, Sulsel mulai dikerjakan, Rabu (13/11/2021).

Sebelumnya video jembatan miring ini viral di media sosial. Terlihat dalam video debit air yang deras karena curah hujan tinggi saat itu pada sungai.

Adapun pelaksana kegiatan perbaikan ini yakni PT Hutama Karya (HK). Ada 3 alat berat excavator terlihat tengah melakukan pengerukan aliran sungai.
Aliran sungai akan dialihkan ke sisi bagian selatan. Setelah itu, menunggu sisi utara sungai kering. Selanjutnya abuftmen atau tiang penyangga jembatan dikerjakan.

“Kita usahakan 10 hari bisa selesai jika tidak ada halangan,” kata Kepala Bidang Preservasi II BBJN, M Ali Buhari, Rabu (3/11/2021) kemarin.

Sementara itu, Ahmad Tawil dari PT HK mengatakan, proyek ini ditargetkan paling lama dua minggu.

“Semoga sepuluh hari saja,” ucapnya.

Lebih lanjut Ahmad Tawil menjelaskan, abuftmen jembatan akan dipasangi batu/fondasi sebagai penahan. Setelah itu, dipasangi bronjong di sisi hulu dan hilir.

“Setelah kering pasang Abuftmen. Yang tergerus dilakukan pemasangan batu fondasi. Kemudian dipasang bronjong di sisi hulu dan hilir,” jelasnya.

Sebagai informasi, saat ini sudah didatangkan tiang safety yang berfungsi sebagai penyangga sementara jembatan, saat proses pengerjaan berlangsung. (*)