Lambat Ambil Sikap Politik, Dukungan Parpol untuk DP Terancam Dialihkan

oleh -362 views

UPDATESULSEL.COM-  Bakal calon Walikota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto (DP) dinilai lamban mengambil sikap politik untuk ikut bertarung pada Pemilihan Walikota (Pilwali) Makassar, 9 Desember 2020 mendatang.

Pakar ilmu politik UNHAS, Ali Armunanto menjelaskan seharusnya dari awal, DP untuk menyikapi dukungan partai Golkar yang mana rekomendasinya dukungan kepada dirinya diserahkan langsung oleh ketua umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto beberapa waktu lalu.

“Seharusnya dari awal pak DP harus menyatakan sikap politiknya apakah ingin bersama Golkar atau bersama NasDem, atau ada upaya menyatukan atau menjembatani Golkar dan NasDem menyatu dengan menawarkan beberapa opsi-opsi politik,” kata Ali Armunanto, Selasa (23/6/2020).

Ditanya soal potensi NasDem akan meninggalkan, DP. Ali Armunanto mengungkapkan potensi tersebut sangat besar terjadi. Sebab, Irman Yasin Limpo (None) yang selama senter mendapatkan dukungan NasDem adalah bakal calon Walikota yang potensial dengan pengalaman bertarungnya.

“Pertanyaan apakah NasDem potensi tinggalkan DP ketika None masuk. Saya rasa itu peluangnya sangat besar, karena None adalah kandidat yang potensial dan punya prestasi yang bagus di Pilwali Makassar 2013, itu masih diperhitungkan orang. Apalagi kekuatan jaringan politik yang dimiliki, None. Sekarang itu adalah modal besar bagi None sekarang,” ungkap Ali Armunanto.

Jika saja, DP lambat mengambil keputusan politiknya. Maka bisa saja dukungan NasDem bisa direbut oleh, None. Termasuk jika, DP mengabaikan dukungan Golkar maka memungkinkan Golkar memaketkan jagoannya dengan figur lain. Sebab perolehan kursi Golkar sangat signifikan di DPRD kota Makassar.

Maka dari itu, Ali Armunanto menjelaskan sangat memungkinkan, DP ditinggalkan NasDem kemudian, None bisa dipasangkan dengan politisi NasDem Sulsel, Fatmawati Rusdi Masse.

“Sehingga kemudian kalau DP terlambat menentukan sikap ataupun salah mengajukan bergeming politik (tidak tepat), bisa saja mengakibatkan NasDem melirik None dan memasangkan dengan politisi NasDem, Fatmawati Rusdi Masse. Karena None dan Fatmawati Rusdi Masse juga pasangan yang potensi menangkan Pilwali Makassar,” jelas Ali Armunanto. (*)