KTP Eelektronik Dalam Waktu Dekat Tidak Digunakan Lagi, Ini Penggantinya

oleh -1.138 views

UPDATESULSEL.NEWS – Siap-siap, KTP Elektronik (e-KTP) dalam waktu dekat ini sudah tidak digunakan lagi, namun bukan berarti tidak dapat berfungsi.

Baru-baru ini, Kementerian Dalam Negeri berencana akan melakukan uji coba Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbentuk quick response code (QR Code).

Kedepannya, KTP tidak lagi berbentuk fisik melainkan langsung hadir di ponsel kamu atau dengan kata lain KTP berbasis digital.

Kehadiran KTP digital sendiri diyakini pemerintah akan membuat pendataan kependudukan masyarakat kedepannya akan lebih praktis.

e-KTP dalam bentuk QR code dapat mempercepat proses pelayanan publik yang membutuhkan data penduduk, dimana Identitas digital tersebut diklaim lebih aman.

Selain karena diklaim lebih aman dan praktis, nantinya tidak ada lagi kata KTP-el hilang, namun apabila HP hilang Kalau HP, warga tinggal minta dikirimkan oleh Dukcapil ke nomor HP yang baru.

Hingga saat ini, penggunaan QR Code e-KTP telah berhasil diuji coba di 50 kabupaten/kota yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, mulai dari Bandung hingga Bima. (*)