Ketua MPR Ingatkan Pemerintah Pastikan Logistik APD Diberikan Ke KPPS

oleh -40 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS– Jelang pilkada serentak, ditemukannya ribuan hasil reaktif dari tes cepat Covid-19 atau rapid test bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara/KPPS dari berbagai daerah.

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta semua pihak agar dapat mengantisipasi segala kemungkinan akan terjadi pada saat Pilkada Serentak berlangsung.

“Meminta KPUD setempat untuk mengantisipasi kondisi tersebut dengan mempersiapkan pengganti KPPS yang terpapar covid-19. dan KPUD memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat dan penyelenggara Pilkada dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020, dikarenakan penyelenggaraan Pilkada tersebut memiliki risiko yang cukup tinggi untuk terpapar virus corona,” kata pria akrab disapa Bamsoet dalam keterangan pers, Jumat (4/12/2020).

Politikus Golkar ini mengingatkan kesiapan pemerintah dalam hal ini KPU dan KPUD bahwa H-1 selesainya masa kampanye Pilkada Serentak dan H-5 waktu pemungutan suara, agar memastikan seluruh logistik alat pelindung diri/APD sudah diberikan kepada penyelenggara Pilkada dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan yang ketat kepada penyelenggara pemilu, khususnya KPPS.

“Mendorong pemerintah mensosialisasikan dan meminta masyarakat yang akan datang ke Tempat Pemungutan Suara untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” tegasnya.

Lebih lanjut Bamsoet mendorong seluruh KPPS dilakukan tes swab sebelum melaksanakan tugasnya, dikarenakan hasil tes swab dapat lebih akurat dibandingkan hasil rapid tes, sehingga didapatkan kejelasan atas kondisi kesehatan dari ribuan anggota KPPS yang sudah direkruit, sehingga tidak menimbulkan keresahan dan kekhawatiran bagi masyarakat. (*)