Ketahui Jenis, Pemasangan, dan Risiko Kawat Gigi

oleh -14 views

UPDATESULSEL.NEWS-  Kawat gigi digunakan untuk memperbaiki penampilan gigi yang tidak rata atau posisi rahang yang tidak benar. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kawat gigi, ketahui dulu jenis, proses pemasangan, dan risikonya.

Pemasangan kawat gigi idealnya dilakukan saat anak yang memiliki masalah pada gigi berusia 12-13 tahun. Di usia ini, mulut dan rahang masih dalam masa pertumbuhan, sehingga lebih mudah diperbaiki posisinya.

Namun, kawat gigi juga bisa dipasang pada orang dewasa meski efeknya terbatas dan membutuhkan waktu perawatan lebih lama. Umumnya orang memakai kawat gigi selama dua tahun. Namun, durasi pemakaian behel masing-masing orang bisa berbeda. Ini tergantung kondisi gigi Anda masing-masing.

Lamanya durasi penggunaan behel menyebabkan Anda berisiko ganti dokter gigi. Apalagi jika Anda harus pindah tempat tinggal. Nah, ganti dokter gigi dapat menyebabkan biaya pemasangan kawat gigi menjadi bertambah.

Secara umum, kawat gigi digunakan untuk memperbaiki berbagai kondisi berikut ini:

– Jarak antargigi yang terlalu renggang

– Gigi yang berdesakan atau menumpuk

– Gigi bagian depan pada rahang atas tumbuh lebih ke depan atau ke belakang

– Masalah pada rahang, misalnya posisi rahang kurang tepat

Jenis Kawat Gigi Sesuai Kebutuhan

Pemasangan kawat gigi umumnya dilakukan oleh ortodontis, yaitu dokter gigi yang telah menjalani pelatihan khusus untuk mendiagnosis, mencegah, serta merawat gigi dan rahang yang tidak rata. Dokter gigi spesialis ini akan menentukan jenis kawat gigi yang tepat untuk digunakan, sesuai kondisi yang Anda alami. Berikut ini adalah beberapa jenis kawat gigi yang umum digunakan.

1. Kawat gigi permanen
Kawat gigi permanen terdiri dari kotak-kotak yang dilekatkan pada setiap gigi dan terhubung satu sama lain oleh kawat. Kawat digunakan untuk mengoreksi letak beberapa gigi sekaligus dan mencegah masalah akibat gigi tidak rata di kemudian hari. Kawat gigi permanen umumnya mudah terlihat karena terbuat dari logam. Namun, kini banyak ditawarkan kawat yang terbuat dari keramik atau plastik tembus pandang agar terlihat lebih samar, tetapi dengan harga yang lebih mahal.

2. Kawat gigi lepas-pasang
Kawat gigi lepas-pasang berbentuk menyerupai penampang plastik yang diposisikan di beberapa gigi dan menutup langit-langit mulut. Jenis kawat gigi ini biasanya digunakan untuk mengoreksi masalah minor, misalnya gigi yang bengkok. Kawat gigi lepas-pasang biasanya dilepas saat akan melakukan kegiatan tertentu, ketika membersihkan mulut, atau saat menggosok gigi.

3. Kawat gigi fungsional
Kawat gigi fungsional berupa sepasang kawat plastik lepas pasang yang dipadukan dan ditempatkan di gigi bagian atas dan bawah. Jenis kawat gigi ini dapat digunakan untuk menangani masalah posisi rahang atas dan rahang bawah yang tidak sejajar dengan gigi atas atau bawah. Kawat gigi fungsional harus digunakan sepanjang waktu untuk memberikan manfaat maksimal, dan hanya dilepas saat makan atau ketika dibersihkan.

4. Headgear
Headgear adalah pengait yang tersambung dari kawat gigi dan ditempatkan di kepala untuk menarik posisi gigi depan. Pengguna jenis kawat gigi ini umumnya tidak dapat makan atau minum saat mengenakannya, sehingga sering kali hanya digunakan saat tidur.

5. Retainer
Retainer biasanya digunakan menjelang akhir masa perawatan ortodontis. Retainer berfungsi untuk menstabilkan posisi baru gigi, gusi, dan tulang, termasuk mencegah posisinya kembali seperti semula. Alat ini dapat bersifat permanen atau lepas-pasang. Setelah berhenti menggunakan retainer, posisi gigi kemungkinan akan berubah dari waktu ke waktu secara alami.

6. Kawat gigi lingual
Kawat gigi lingual mirip dengan kawat gigi permanen, hanya saja kotak-kotaknya ditempel di belakang gigi. Kawat gigi jenis ini hampir tidak terlihat dan bekerja secepat kawat gigi permanen, tetapi harganya lebih mahal.

7. Kawat gigi tembus pandang (clear aligner)
Kawat gigi tembus pandang (clear aligner) dikhususkan bagi seseorang dengan pertumbuhan gigi dan gusi yang telah berhenti. Clear aligners digunakan seperti pelindung gigi dan dapat dicopot saat Anda makan atau membersihkan gigi. Meski membutuhkan biaya lebih besar, produk ini banyak dipilih karena dinilai lebih praktis dan tidak mengganggu penampilan. (*)