Kasus Corona di 10 Negara ASEAN, Indonesia Peringkat Pertama

oleh -85 views
oleh

UPDATESULSEL- Pandemi virus corona (Covid-19) masih terus menghantui negara-negara di dunia, khususnya Asia Tenggara. Berbagai negara memang sudah melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar, tetapi kasus masih naik di beberapa negara di tengah wacana new normal.

Di Indonesia, tatanan new normal sudah digaungkan, sementara kasus corona tiap harinya masih bertambah. Hal yang sama juga dialami Singapura. Sejak dua bulan terakhir, mayoritas kasus corona berasal dari asrama pekerja asing.

Berikut ini kasus virus corona di seluruh negara ASEAN berdasarkan data CoronaTracker:

1. Indonesia

Total kasus positif virus corona di Indonesia menjadi 56.385. Angka ini didapat setelah kasus positif corona di Indonesia bertambah 1.293. Jumlah angka pasien sembuh bertambah 1.006. Total pasien yang sudah dinyatakan sembuh ada 24.806. Sementara kabar duka, pasien yang meninggal bertambah 71, sehingga total menjadi 2.876. Sedangkan data orang dalam pemantauan (ODP) 43.797 dan pasien dalam pengawasan (PDP) 13.182 orang.

2. Singapura

Pasien virus corona di Singapura terus meningkat karena tes besar-besaran di asrama pekerja asing. Singapura juga tegas memberi sanksi bagi pelanggar aturan lockdown dengan mencabut izin kerja. Saat ini, total kasus 43.661 orang.

3. Filipina

Kasus di Filipina relatif tinggi, yakni 36.438. Presiden Rodrigo Duterte telah menerapkan kebijakan karantina besar-besaran untuk meredam penyebaran virus. Presiden Duterte juga sempat menuai kontroversi ketika menyuruh aparat menembak perusuh saat lockdown. Total kasus sembuh di Filipina mencapai 9.956 kasus, dan ada 1.255 pasien yang meninggal.

4. Malaysia

Negeri jiran Malaysia juga berhasil meredam penyebaran virus corona. Total kasus sebanyak 8.637. Pemerintahan Muhyiddin Yassin pun berani melakukan lockdown selama beberapa minggu. Kini lockdown di Malaysia sudah dilonggarkan dan berbagai bisnis sudah boleh buka dengan mengikuti protokol new normal. Warga juga boleh jalan-jalan ke luar daerah.

5. Thailand

Thailand adalah salah satu negara ASEAN yang mengklaim berhasil meredam corona di negaranya. Sejak Mei lalu, Thailand sudah sempat melaporkan nol kasus harian. Tercatat, 3.056 pasien sembuh, 58 meninggal, dan masih ada 1 orang yang dirawat di ruang ICU.

6. Vietnam

Vietnam sempat mencuri perhatian dunia internasional karena menyelesaikan lockdown corona tanpa adanya korban jiwa. Kebijakan di Vietnam juga sangat ketat. Ketika lockdown, warga sampai dilarang untuk sekadar berjalan-jalan keluar rumah. Total kasus hanya 355 orang.

7. Myanmar

Kasus pertama di Myanmar berasal dari seorang pria 36 tahun yang baru saja kembali dari Amerika Serikat, kemudian ada kasus kedua yakni pria berusia 26 tahun yang baru kembali dari Inggris. Sebanyak enam orang meninggal dunia. Total kasus 299.

8 & 9. Brunaei dan Kamboja

Kasus di Brunei dan Kamboja sama-sama berjumlah 141. Di Brunei, hampir seluruh pasien sudah sembuh, kecuali satu orang yang berada di ruang ICU. Dua orang disebut meninggal dunia. Sementara, 130 orang sembuh di Kamboja dan belum ada laporan pasien meninggal.

10. Laos

Semua kasus Laos dilaporkan sudah sembuh. Tak ada kasus kematian di negara ini. Laos melaporkan kasus pertamanya pada Maret lalu. Total hingga hari ini hanya ada 29 kasus. Kasus pertama berasal dari laki-laki berusia 28 tahun yang baru mengunjungi Thailand. (**)