“Karaeng Sila” Bangun Listrik Mandiri Untuk Warga Cindakko Tompobulu

oleh -3 views

UPDATESULSEL.NEWS – Mantan wakil Bupati Maros HA Paharuddin atau biasa dipanggil “Karaeng Sila”, memberikan bantuan berupa listrik mandiri bertenaga Surya untuk warga Dusun Cindakko, Desa Bonto Somba, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros. Minggu, (25/10/2020).

Secara simbolis bantuan ini diserahkan oleh fasilitator sekaligus teknisi pembangunan listrik mandiri bertenaga Surya Malik, kepada tokoh masyarakat Dusun Cindakko Rudi dan Indar, dikediaman salah seorang warga setempat.

Pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian “karaeng Sila” kepada warga Dusun Cindakko, dimana saat ini sama sekali belum menikmati manfaat dari listrik untuk penunjang hidup sehari-hari.

“Ini murni bantuan beliau yang dipercayakan kepada kami. “Puang Sila” yang membiayai semua, mulai dari pengadaan alat, instalasi sampai pada listrik ini bisa dinikmati warga,” ujar Malik.

“Karaeng Sila” sendiri adalah wakil dari mantan Bupati Maros dua periode HA Najamuddin Aminullah. Diusia senjanya kini, dirinya memang lebih banyak memanfaatkan waktu dan harta untuk kegiatan sosial seperti ini.

“Beliau tidak sempat hadir karena masih berada diluar daerah. Ia (karaeng Sila) berharap agar warga Cindakko bisa ikut menikmati manfaat dari listrik,” katanya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Dusun Cindakko Rudi, mengapresiasi bantuan yang sudah lama warganya nanti-nanti ini. Berpuluh-puluh tahun lamanya wilayah Maros yang terletak di daerah pegunungan dan berbatasan langsung dengan Malino Kabupaten Gowa itu, tidak menikmati manfaat listrik.

“Kita tau selama ini bahwa warga Cindakko sama sekali tidak pernah menikmati listrik. Allhamdulillah, dengan adanya bantuan dari “karaeng Sila” ini kami juga bisa ikut merasakan yang dirasakan orang-orang dikota,” ujar Rudi.

Pembangunan listrik mandiri ini diketahui bekerjasama dengan peneliti dari kampus Universitas Cokroaminoto Makassar. Dimana, saat ini aktif melakukan pengabdian masyarakat khusus diwilayah terpencil. (*)