Kalahkan Thailand, Indonesia Akhiri Puasa Medali Emas Sepak Bola SEA Games Selama 32 Tahun

oleh -44 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Indonesia berhasil menjadi juara usai mengalahkan Thailand 5 – 2 di pertandingan final cabor sepak bola putra SEA Games 2023 di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Selasa (16/5) malam.

Indonesia mengambil inisiatif menyerang sedang awal permainan. Beberapa peluang berhasil diciptakan Indonesia. Sementara Thailand lebih mengandalkan serangan balik dengan umpan-umpan direct.

Pada menit ke-10 Indonesia mendapatkan peluang lewat tembakan Marselino Ferdinan dari dalam kotak penalti Thailand, namun tembakannya masih melambung di atas mistar.

Kemudian di menit ke-18 tembakan jarak jauh Komang Teguh kembali mampu mengancam gawang Thailand. Namun tembakannya masih sedikit melambung di atas mistar gawang Thailand.

Di menit ke-20, Indonesia akhirnya berhasil membuka keunggulan 1-0 lewat tandukan Ramadhan Sananta usai meneruskan umpan lemparan jarak jauh Alfeandra Dewangga.

Gol ini bermula dari lemparan ke dalam yang dilakukan Alfeandra Dewangga dari sisi kanan area penyerangan. Dewangga melakukan lemparan jarak jauh ke kotak penalti yang mampu disundul Sananta.

Bola yang disundul Sananta mengarah ke gawang Thailand lalu mengenai bagian paha bek Gajah Perang, Songchai Thongcham yang masuk ke gawang sendiri.

Pada menit ke-35 Indonesia kembali mampu mengancam gawang Thailand lewat tembakan keras dari Witan Sulaeman di sisi kiri. Namun tembakan Witan masih mengarah tepat ke penjaga gawang Thailand.

Pada menit ke-45+4, Indonesia berhasil menambah gol lewat sontekan Ramadhan Sananta meneruskan umpan jarak jauh Rizky Ridho berhasil mengelabui kiper Thailand. Pemain Thailand sempat melakukan protes karena menilai tendangan Rizky Ridho bola fair play, tapi wasit tetap mengesahkan gol tersebut.

Hingga pertandingan babak pertama berakhir skor tidak berubah. Indonesia unggul 2-0 atas Thailand di babak pertama final SEA Games 2023.

Pada babak kedua, pertandingan semakin sengit. Indonesia dan Thailand saling berbalas serangan.

Pada menit ke-52 Thailand mendapatkan peluang bagus lewat tembakan Settasit Suvannaseat. Namun tembakan Settasit dapat ditepis Ernando Ari.

Di menit ke-54 Indonesia mampu mengancam gawang Thailand lewat tendangan bebas langsung yang dieksekusi Marselino Ferdinan. Namun tembakan Marselino masih terlalu lemah dan melenceng di sebelah kanan tiang gawang Thailand.

Pada menit ke-66, Thailand mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat tandukan Anan Yodsangwal usai meneruskan umpan sepak pojok yang dilepaskan rekannya.

Satu menit kemudian Indonesia kembali mengancam gawang Thailand lewat tembakan menyusur tanah Fajar Fathur Rachman. Sayangnya tembakannya masih melenceng tipis di sisi kanan tiang gawang Thailand.

Pada menit ke-79 Indonesia kembali mendapatkan peluang lewat tendangan bebas setelah Irfan Jauhari dilanggar bek Thailand di luar kotak penalti.

Marselino Ferdinan yang menjadi eksekutor nyaris membobol gawang Thailand, setelah tembakannya yang akurat dalam diblok kiper lawan.

Di menit ke-88, Indonesia mendapatkan peluang emas lewat sontekan Witan Sulaeman yang sudah berhadapan dengan kiper Thailand. Namun, bola dapat mengenai kaki kiper Thailand dan menghasilkan sepak pojok untuk Indonesia.

Di menit ke-90+6 bek kanan Indonesia Bagas Kaffa harus mendapat perawatan usai hidungnya berdarah usai duel dengan pemain Thailand Anan.

Thailand berhasil menyamakan di penghujung babak ke dua menjadi 2 – 2, pesta kemenangan indonesia tertunda.

Kemangan mutlak timnas Indonesia terjadi di 2 x 15 menit tambahan waktu, prmain Thailand yang mendapat kartu merah dimanfaatkan oleh pemain-pemain timnas, dengan melesatkan 3 gol dimasa tambahan waktu. Pertandingan final SEA Games berakhir dengan kemenangan Indonesia 5 – 2.

Dengan hasil ini Indonesia diganjar dengan medali emas SEA Games 2023.

Kemenangan Indonesia ini mengakhiri penantian panjang setelah terakhir juara SEA Games pada 1991.