Jangan Anggap Enteng Korupsi Kalau Ingin RI Jadi Negara Maju 2045

oleh -45 views

UPDATESULSEL.NEWS- Mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Mas Achmad Santosa meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak menganggap enteng pencegahan dan pemberantasan korupsi di Tanah Air.

Apalagi, kata dia Jokowi bercita-cita menjadikan Indonesia sebagai negara maju pada 2045 nanti.

“Saatnya Presiden dan para politisi harus menyelesaikan persoalan KPK agar mimpi kita untuk menjadi 2045 sebagai tahun emas bagi Indonesia betul-betul bisa tercapai,” kata Mas Achmad, dalam diskusi virtual, Minggu, 28 Agustus 2021.

Menurut dia penilaian tersebut berdasarkan studi dari berbagai belahan dunia. Disebutkan, bahwa bangsa modern, unggul dan disegani serta dihormati adalah negara yang bisa meminimalkan perilaku korupsi.

Sebab, korupsi berefek pada pendistribusian penghasilan yang tidak adil dan merata. Pada akhirnya, kata Mas Achmad korupsi mengakibatkan lumpuhnya lembaga-lembaga pemerintahan serta tata kelola secara keseluruhan.

“Korupsi atau pembertansan korupsi, faktor penting yang berkaitan dengan demokrasi, keadilan hukum, pemerintahan, hingga pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Selain itu, merujuk penelitian World Bank pada 2020, korupsi merupakan persoalan utama dalam pemenuhan tujuan untuk mengakhiri kemiskinan yang ekstrem pada 2030.

Hal tersebut didukung oleh studi empiris yang menunjukkan bahwa korupsi memberikan beban biaya yang tinggi bagi orang yang tidak mampu.

“Mulai dari akses terhadap kesehatan, pendidlikan, dan keadilan,” ucapnya. (*)