Jalan Poros Enrekang-Pinrang Sedang Lelang

oleh -520 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Jalan provinsi pada poros Enrekang-Pinrang yang mengalami rusak parah bakal dituntaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel di 2022 ini.

Jalan ini tepatnya pada ruas Paleteang-Malaga-Kabere di Kabupaten Enrekang. Untuk tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulsel mengalokasikan Rp18,2 miliar untuk melakukan rekonstruksi jalan sepanjang 2,3 Kilometer (Km).

Kepala Dinas PUTR Provinsi Sulsel Astina Abbas mengatakan, ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Pinrang ini, menjadi prioritas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman untuk dikerjakan tahun ini.

“Ini menjadi salah satu prioritas Bapak Gubernur, karena termasuk LHR (Lalu Lintas Harian Rata-rata) tinggi dengan kondisi rusak parah. Tahun ini penanganan difokuskan untuk menuntaskan rusak parah sekitar 2,3 Km,” jelas Astina, Senin (9/5/2022).

Astina mengatakan, tak hanya penanganan jalan saja, tahun ini juga dilakukan pembangunan pada Jembatan Kabere pada ruas Paleteang-Malaga-Kabere, yang dialokasikan sekitar Rp4,4 miliar.

Penanganan tahun ini, termasuk untuk jalan yang sempit dan tanjakan yang ekstrem.

“Dengan pengerjaan jalan ini, akan menuntaskan jalan rusak berat,” katanya.

Adapun pengerjaan jalan ini, akan dikakukan perbaikan trase jalan yang sempit dan menanjak. Karena membahayakan pengendaran yang melintas.

“Untuk rekonstruksi jalan, sementara tahapan lelang. Sementara, untuk jembatan baru selesai DED (Detail Engineering Design), dan akan memasuki tahapan lelang,” terangnya.

Astina mengaku, penanganan jalan provinsi menjadi salah satu komitmen Gubernur Sulsel dalam menghadirkan kemudahan akses mobilitas masyarakat. (*)