Jadi Kapolri, Jenderal Sigit Janji Fokus Pandemi dan Ekonomi

oleh -14 views

UPDATESULSEL.NEWS– Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo resmi menggantikan Jenderal Pol. Listyo Idham Azis sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Usai melantik Sigit, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara simbolis menyematkan tanda pangkat Bintang Empat di pundak Sigit.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa, menyatakan dan janji bersungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada negera kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945,” ucap Listyo, mengucapkan janjinya mengikuti perkataan Presiden Jokowi di, di Istana Negara, Rabu (27/1/2021).

Usai pengucapan sumpah, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tony Harjono, membacakan Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi Polri.

“Menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada perwira tinggi Kepolisian Republik Indonesia atas nama Komisaris Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. NRP 69050335 menjadi jenderal polisi,” kata Tony.

Dengan pelantikan ini, Sigit meninggalkan jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Markas Besar Polri, untuk menggantikan posisi Jenderal Idham Azis yang masa baktinya di Polri akan berakhir dalam hitungan hari. pada 30 Januari mendatang.

Usai dilantik, Listyo dalam pidatonya menekankan peran Polri dalam menangani pandemi virus Covid-19 khususnya untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menegakkan protokol kesehatan, “Keselamatan masyarakat merupakan hukum tertinggi,” kata dia. (*)