Iwan Aras dan Bupati Bulukumba Luncurkan KM Cantika Lestari

oleh -7 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Kapal Motor (KM) Cantika Lestari resmi diluncurkan oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf bersama dengan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras di Pelabuhan Leppe’e, Bulukumba.

Kapal Motor milik PT Pelayaran Dharma Indah ini akan melayani penumpang rute Pelabuhan Leppe’e- Pelabuhan Benteng dan Pelabuhan Jampea Kabupaten Kepulauan Selayar.

Menurut Syahbandar Pelabuhan Leppe’e Syech Idrus, transportasi laut berperan penting bagi masyarakat Bulukumba dan masyarakat Kepulauan Selayar. Sesuai dengan tema besar Kementerian Perhubungan tahun ini adalah Melaju untuk Transportasi Maju dimaksudkan untuk menumbuhkan insan insan pelaku transportasi untuk terus bergerak dan bertransformasi dalam kerja kerja nyata.

“Kehadiran KM Cantika Lestari ini berkat dorongan dari Bapak Bupatii Bulukumba dan Bapak Wakil Ketua Komisi V DPR RI. Dan kami mengucapkan terima kasih kepada pemilik kapal yang telah berinvestasi di Kabupaten Bulukumba ini,” kata Syech Idrus.

Dengan kehadiran kapal tersebut tambahnya akan mendukung mobilitas masyarakat dan barang. Sementara Syahhandar lanjutnya akan menjalankan fungsi keamanan dan keselamatan pelayaran dan penyelamatan lainnya sesuai amanat Undang-Undang Nomor 17 tahun 2008.

Selain kapal motor Cantika Lestari, pada momentum tersebut juga diluncurkan kapal negara patroli yang ditempatkan di Pelabuhan Leppe’e. Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan selamat dan sukses atas peluncuran atau beroperasinya kedua kapal ini.

Kapal Patroli, kata Andi Utta sapaan akrabnya akan menjadi sarana pendukung dalam menjaga keamanan dan keselamatan perairan laut. Sementara KM Cantika Lestari ini menjadi sarana pendukung mobilitas masyarakat yang lebih cepat, bagi warga yang ingin ke Selayar atau sebaliknya.

Dikatakan, kehadiran Kapal Cantika Lestari ini semakin memperkuat posisi Bulukumba di kawasan selatan Sulawesi Selatan sebagai daerah transit yang strategis dalam mendukung pergerakan kunjungan maupun pergerakan barang dan jasa.

“Kita berharap dengan fasilitas Kapal Penyeberangan ini dapat mendorong peningkatan jumlah kunjungan orang ke Bulukumba,” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakan kehadiran Kapal motor ini dengan sendirinya akan memberikan efek ekonomi pada sektor-sektor lainnya, seperti UMKM, kuliner dan jasa transportasi angkutan darat untuk memenuhi kebutuhan para penumpang

Bahkan menurutnya dengan kapal tersebut sangat prospek bagi nelayan atau pedagang ikan untuk membawa hasil tangkapan ikan di Selayar karena jarak tempuh lebih singkat lagi sehingga ikan memiliki kualitas lebih baik.

“Dengan angkutan yang lebih cepat, bisa menghemat ongkos operasional,” bebernya.

Sementara itu anggota DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras menyampaikan bahwa selain mempermudah akses masyarakat kedua kabupaten ini, namun Ia juga lebih menekankan pada aspek keselamatan pelayaran dimana harus terpenuhi seluruh standar operasinya sehingga memberikan jaminan kepada masyarakat dalam menggunakan moda transportasi laut ini.

“Begitu pun kehadiran kapal negara patroli diharapkan dapat meningkatkan aspek keamanan dan keselamatan wilayah perairan di Bulukumba,” ungkapnya.

Andi Iwan Darmawan Aras menilai kondisi Pelabuhan Leppe’e saat ini perlu ditingkatkan sehingga ia meminta Syahbandar untuk mengajukan permohonan peningkatan fasilitas pelabuhan khususnya perbaikan dermaga.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Andi Utta menyerahkan secara simbolis Elektronik Pas (e-Pas) Kecil untuk Kapal Tradisional di bawah GT 7. (*)