Ini Aturan Memakaikan Masker pada Anak

oleh -26 views

UPDATESULSEL.NEWS- Pada era pandemi Covid-19 ini, semua usia baik dewasa hingga anak-anak wajib mengunakan masker untuk mencegah virus masuk dalam saluran pernapasan. Lantas bagaimana pengunaan masker yang baik bagi anak? Mengenai hal ini, dr Robby Nur Hariansyah SpA dokter RS Unair menjelaskan, tentu saja anak boleh mengunakan masker, tapi menurut aturan internasional anak yang menggunakan masker disarankan diatas usia dua tahun.

“Tapi bukan berarti anak di bawah usia dua tahun tidak boleh menggunakan, tentu saja boleh. Untuk bayi bila dipakaikan masker, orang tua harus melakukan pengawasan karena ditakutkan anak sulit bernapas,” ujar Robby.

Untuk anak disarankan pula mengunakan masker medis atau masker kain, karena masker scuba tidak disarankan. Dokter spesialis anak ini mengungkapkan, selain memakaikan masker pada anak, orang tua juga harus mengajarkan anak agar tidak memegang bagian luar masker.

“Bagian luar masker kan tempat virus nempel, kadang saat pakai masker ada yang melorot lalu bagian luarnya terpegang oleh anak dan pegang virus yang nempel. Pakai masker jangan hanya pakai saja, harus juga diajarkan bagaimana mengunakan masker yang tepat,” kata dia Lanjutnya, anak juga harus diajarkan cuci tangan, membawa hand sanitizer bila diperlukan, dan menjaga jarak.

Menjaga jarak di sini dalam artian tidak hanya mencegah jarak dengan orang lain, tapi juga pada benda di sekitarnya jangan sampai tersentuh. Ia pun menambahkan, saat ini banyak fenomena di masyarakat yang hanya memakaikan face shield tanpa masker pada anaknya yang masih bayi saat pergi keluar rumah.

“Padahal ini dua hal yang berbeda. Face shield hanya mengurangi percikan droplet yang ada di depan muka kita. Seharusnya tetap mengunakan masker kalau bisa di-double dengan face shield,”