Hati-hati Akun PeduliLindungia Palsu

oleh -58 views

UPDATESULSEL.NEWS- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menemukan akun palsu untuk mencuri data warga yang membutuhkan sertifikat vaksin Covid-19. “Ditemukan situs “farming” http://www.pedulilindungia.com/ nama dan tampilannya persis pedulilindungi. Tapi ini situs palsu,” demikian pengumuman resmi dari Kementerian Kominfo, Kamis 9 September 2021.

Warga diminta berhati-hati ketika hendak download. Perhatikan url-nya pedulidingungia.com. Di belakang ada tambahan huruf “A”. Situs ini mengumpulkan data-data pribadi warga. “Jangan akses situs ini. Jadi kalau ada dapat sebaran soal pedulilindungi dan disuruh click link, perhatikan linknya,” pesan Kementerian Kominfo.

Berikut ini 4 pernyataan Kementerian Kominfo tentang situs pedulilindungia.com, aplikasi abal-abal tiru yang asli www.pedulilindungi.id.

1. Situs pedulilindungia.com adalah situs palsu dan bukan situs yang digunakan oleh pemerintah untuk melakukan penanganan Covid-19. Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan Covid-19 dalam bentuk apapun.

2. Kementerian Kominfo telah memutus akses terhadap situs pedulindungia.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id.

3. Pemerintah menggunakan aplikasi Pedulilindungi untuk melakukan upaya surveilans kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kominfo No. 171 Tahun 2020 Tentang Penetapan Aplikasi Pedulilindungi Dalam Rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) beserta perubahannya.

4. Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun. Masyarakat diminta untuk hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store. (*)