Hasil Uji Swab Presiden Jokowi Dan Ibu Negara Negatif

oleh -152 views
oleh

UPDATESULSEL-  Presiden Joko Widodo mengabarkan bahwa hasil uji swab-nya bersama Ibu Iriana negatif. Tak hanya itu, Presiden juga menyatakan jika dirinya dalam kondisi prima dan sehat.

Hal itu ia sampaikan oleh Biro Pers, Media l, dan Informasi, Sekretariat Presiden selepas berolahraga berolahraga pagi dengan mengayuh sepeda di area Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu, 25 Juli 2020.

“Alhamdulillah sehat-sehat saja. Pagi hari ini saya berolahraga, bersepeda, agar badan lebih sehat lagi sehingga imunitas tubuh menjadi lebih baik,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo juga mengabarkan hasil pemeriksaan kesehatan berkalanya yang dilakukan kemarin, Jumat 24 Juli 2020 sore. Dalam pemeriksaan berkala tersebut, Kepala Negara juga melakukan uji swab covid-19.

“Tadi malam sudah keluar hasil tes swab-nya. Alhamdulillah negatif. Ibu (Iriana) juga negatif,” tuturnya.

Di tengah pandemi yang melanda di setidaknya 215 negara, Presiden kembali mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Perilaku disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan diyakini turut berperan penting dalam mempercepat penanganan pandemi oleh pemerintah.

“Saya berulang-berulang mengajak masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga secara rutin, makan makanan yang bergizi, jangan lupa pakai masker, cuci tangan sehabis aktivitas, jangan masuk ke dalam kerumunan, dan jaga jarak. Itu yang paling penting harus kita jaga terus,” ucapnya.

Presiden Jokowi beberapa waktu lalu bertemu Ahmad Purnomo, bakal calon Wali Kota Solo yang kemudian mengundurkan diri. Belakangan diketahui Ahmad Purnomo positif covid. Karena itu Presiden Joko Widodo segera menjalani  tes kesehatan termasuk swab.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan, dengan mengatakan bahwa protokol kesehatan diterapkan dengan ketat kepada seluruh perangkat dan pembantu Presiden, bahkan tamu-tamu yang datang ke Istana.

“Khusus Presiden, tes kesehatan dilakukan rutin, dan hari Jumat secara kebetulan jadwal Bapak Presiden melakukan tes kesehatan dan mungkin termasuk swab, dan lain-lain,” kata Heru.

Memang, ada kekhawatiran soal kondisi kesehatan Presiden Jokowi lantaran pada 16 Juli 2020 sempat bertemu dengan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, yang saat ini terkonfirmasi positif terinfeksi covid-19. (Kiki)