Hari Pramuka, Andi Liu Ingatkan Pembangunan Karakter Pancasila

oleh -77 views
oleh
Haji Andi Liu Were La Tinro

UPDATESULSEL.NEWS –  Bendahara DPW PPP Sulsel, H. Andi Liu Were La Tinro, BA (Hons) mengajak seluruh pengurus Pramuka di Kabupaten Enrekang untuk terus menjalankan tugas mulianya membentuk karakter sumber daya manusia (SDM) dalam peringatan Hari Pramuka ke-68 pada, Senin 14 Agustus 2023.

Dalam peringatan ke-68 tahun ini, H. Andi Liu Were La Tinro menyebut Pramuka memiliki peranan penting dalam perjalanan Indonesia selama ini. Salah satu yang terasa adalah membentuk karakter anak-anak muda.

Peranan ini dirasa wajib untuk diteruskan, apalagi saat ini dihantam oleh kemajuan zaman yang penuh disrupsi dan turbulensi sosial.

“Gerakan Pramuka membentuk sikap dan karakter kaum muda yang sejalan dengan semangat revolusi mental yang menjadi bagian kebijakan Presiden Jokowi,” kata, H. Andi Liu Were La Tinro.

Dari gerakan kepanduan yang dilakukan Pramuka, politisi dan pengusaha muda ini menyebut, telah melahirkan sumbangan besar bagi kesetiakawanan sosial, kemandirian sikap dan adab yang tinggi, serta penggemblengan dan pendidikan bagi para generasi muda pada keterampilan dan skill yang dibutuhkan.

“Dengan Pramuka dapat menatap hari depan kita dengan tampilnya generasi Z (usia 17-21 tahun) yang punya rasa memiliki, menjaga, mencintai Indonesia. Serta mempunyai kapasitas profesional dan terampil yang dibekali oleh skill yang diperlukan bagi kemajuan bangsa ke depan,” pungkasnya.

Ia juga berharap, Pramuka khusunya di Kabupaten Enrekang tidak ikut terlibat dalam politik praktis menyambut tahun politik dan tidak membawa Pramuka untuk kepentingan pribadi dalam perpolitikan. (*)