Hari Perempuan Internasional, DPPPA Harap Pernikahan Dini Dapat Diminimalisir

oleh -23 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Rangkaian Hari Perempuan Internasional atau sering disebut International Womens Day diperingati setiap tahun pada tanggal 8 Maret.

Pada peringatan tahun 2022 ini, Kolaborasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar, melaui Shelter Lette dan tim penggerak PKK Kecamatam Mariso melakukan giat edukasi pencegahan pernikaha dini di kota Makassar.

“Aksi kolektif inisiasi dari tim penggerak PKK kecamatam Mariso, dan Shelter Lette dalam rangkaian kegiatan woman’s international day untuk pencegahan perkawinan anak,” kata Kepala Dinas DPPPA Kota Makassar Achi Soleman, Rabu (9/3/2022).

Kolaborasi edukasi pencegahan penikahan dini, dikemas dalam bentuk sosialisasi yang berlangsung di ruangan Sipaka Inga, Kantor Kecamatan Mariso Makassar.

Menurutnya, bahwa perkawinan anak merupakan bencana besar bagi anak-anak sejumlah resiko dapat ditimbulkan dan dampaknya berbahaya bagi kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak.

“Karena tujuan dari pembangunan berkelanjutan (suistanable development goals-SDGs) bahwa praktik berbahaya, harus dihapuskan,” tegasnya.

Dia mengimbau agar pernikahan usia dini tidak lagi dilakukan. Ia menyebut perlu kematangan dan kedewasaan sebelum seseorang membina keluarga.

“Menikah itu ada beberapa syarat, termasuk mampu dewasa, utama dalam menghadapi masalah yang ada, termasuk ekonomi,” harapa dia. (*)