Harga LPG Bakal Naik Lagi, ini Alasannya

oleh -134 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Harga LPG nonsubsidi disebut-sebut bisa naik lagi. Hal ini karena harga minyak dunia yang terus merangkak naik ke level US$ 130 per barel.

Kondisi ini bisa mempengaruhi harga bahan baku untuk LPG nonsubsidi. Dikutip dari data Reuters disebutkan harga minyak Brent saat ini tercatat di level US$ 129,78 per barel atau naik 9,9%. Lalu untuk West Texas Intermediate (WTI) AS naik menjadi US$ 126,51 naik 9,4%.

Nah hal ini akan mempengaruhi harga BBM dan LPG nonsubsidi. Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro menjelaskan hal ini akan berpengaruh langsung.

“Karena kita (RI) sudah pakai harga pasar. Jadi kalau naik, pasar ikut naik,” kata dia dikutip dari detikcom, Senin (7/3/2022).

Apalagi saat ini 80% LPG di Indonesia masih impor dan mengacu pada Contract Price Aramco (CPA).

“Kalau CPA naik atau bahan baku LPG naik otomatis LPG di pasaran juga naik,” ujar dia.

Komaidi mengungkapkan masyarakat harus bersiap-siap dengan kenaikan LPG. Apalagi dengan kemampuan fiskal pemerintah yang terbatas hal ini membuat beban pemerintah menjadi berat.

Lalu jika menggeser ke badan usaha secara jangka panjang tidak memungkinkan. Hal ini bisa membuat kerugian dan membahayakan.

Menurut dia solusinya beban harus dibagi rata mulai dari fiskal sampai kontribusi BUMN dan membagi beban ke konsumen.

“Harus ada edukasi juga, lebih awal atau lebih cepat lebih baik. Hal ini karena memang semuanya di luar dugaan, saya kira tak cuma di Indonesia saja efek ini,” jelas dia.

Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengungkapkan jika saat ini Pertamina masih tetap memonitor pergerakan dan perkembangan harga minyak dunia. “Untuk harga masih kami review,” jelasnya. (*)