Gandeng Dinkes Pemrov Sulsel, USAID Sosialisasi Penanganan Kesehatan Ibu Hamil di Masa Pandemi

oleh -8 views

UPDATESULSEL.NEWS -USAID MOMENTUM MPHD bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, mensosialisasikan panduan penanganan kesehatan bagi masyarakat, khususnya ibu hamil, ibu menyusui dan bayi baru lahir di masa pandemi covid-19.

Kegiatan tersebut bertajuk “Isolasi mandiri bagi ibu hamil, ibu nifas dan bayi, serta diseminasi informasi vaksin pada ibu hamil”, dilaksanakan di Hotel Claro Makassar, Jumat (17/9/2021) dalam acara ngobrol virtual

Adapun Narasumber: H. Mohammad Thamrin, S.K.M., M.Kes (Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan), Subhan Djaya Mappaturung (Ketua Satgas Covid-19 Kalla Group), Dr. dr. Isharyah Sunarno, SpOG(K), FKM (POGI Cab Makassar — FKM) dan Dr. d.r Ema Alaysiri, SpA(K) (IDAI Ketua PERINASIA Sulsel).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, (Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan), Mohammad Thamrin, memaparkan bahwa kondisi pandemi covid-19 saat ini. Perlu menunda kehamilan bagi pasangan khusus ibu hamil.

“Saya kira kegiatan ini penting, bagaimana kondisi pandemi saat ini, maka perlu menunda kehamilan, karena di pandemi ini ada aturan
social distancing atau melakukan pembatasan,” kata Moh Thamrin.

Menurutnya, secara otomatis akan membatasi petugas kesehatan untuk mengakses masyarakat. Juga sebaliknya membatasi masyarakat datang ke sarana kesehatan.

“Imbauan dari kami tunda kehamilan, harus periksa kesehatan untuk kehamilan, juga melakukan vaksinasi. Tujuanya melakukan imunitas pada dirinya jika anak sudah lahir,” jelasnya.

“Berikutnya, perlu adanya deteksi dini kapan waktu melahirkan, isolasi mandiri dan dilakukan persalinan,” sambung dia.