Empat Gejala Kanker yang Sering Dianggap Remeh

oleh -85 views

UPDATESULSEL-  Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Oleh karena itu, gejala kanker harus diperhatikan sejak dini. Namun sayangnya, secara sadar atau tidak, banyak orang kerap mengabaikan tanda-tanda atau gejala kanker.

Sebagian besar pasien baru menyadari adanya gejala kanker setelah kanker tersebut berada di stadium 2, atau penyakit baru diketahui ketika stadium lanjut.

Sebenarnya gejala kanker sangat memungkinkan untuk dideteksi sejak dini selama kita bisa waspada pada gejala dan faktor risikonya. Rata-rata pasien kanker mengalami keterlambatan dalam mendeteksi munculnya kanker sehingga membuat waktu dan prosedur perawatan yang dijalani semakin panjang dan tidak mudah.

Untuk itu Adi Husada Cancer Center (AHCC) sebagai salah satu pusat layanan kanker dibawah naungan RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya mengungkapkan, setidaknya ada empat gejala kanker yang bisa dideteksi sejak dini.

1. Munculan benjolan, pembengkakan atau perubahan tekstur kulit yang tidak hilang beberapa minggu.

2. Batuk dan suara serak yang disertai dengan rasa nyeri di dada.

3. Nafsu makan tiba-tiba berkurang dan berat badan menurun.

4. Nyeri yang tidak kunjung sembuh lebih dari 7 hari.

Bila Anda mengelami gejala diatas jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Khusus bagi wanita yang sudah menikah atau memiliki gaya hidup kurang sehat, seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, atau bekerja di area yang banyak terpapar radiasi, diimbau untuk melakukan screening kanker secara berkala guna mencegah munculnya kanker di kemudian hari.

Anda dapat memilih AHCC sebagai tempat melakukan screning dan pengobatan kanker. (**)