DPR Dukung Upaya Pemerintah Terapkan Karantina Terbatas

oleh -42 views

UPDATESULSEL.NEWS – Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mendukug upaya Pemerintah berencana akan menerapkan karantina wilayah terbatas dan memisahkan masyarakat yang positif Covid-19 untuk menjalani isolasi mandiri atau isolasi kolektif sebagai upaya menekan penyebaran virus Corona.

“Pemerintah untuk segera merealisasikan kebijakan tersebut, dan mengingatkan Pemerintah bahwa pelaksanaan karantina wilayah hingga tingkat mikro di lingkup rukun tetangga/rukun warga (RT/RW) tidak bisa berjalan sendiri dan perlu pengawasan, baik dari Dinas Kesehatan maupun aparat untuk memastikan daerah yang melaksanakan karantina wilayah dapat berjalan sebagaimana mestinya,” katanya di Jakarta, Jumat (29/1/2021).

Politisi Golkar itu mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di daerah untuk meningkatkan penelusuran kontak erat pasien Covid-19 (tracing) guna memutus rantai penyebaran virus Corona serta memperbanyak tempat isolasi kolektif untuk meminimalisir potensi penularan di dalam keluarga, sebab banyak pasien menjalani isolasi mandiri di rumah bersama anggota keluarganya, sehingga mengakibatkan penularan virus semakin sulit dicegah jika pasien dan keluarga berbagi tempat tinggal dan beraktivitas bersama di satu tempat.

“Pemda, Dinas Kesehatan, dan Satgas Penanganan Covid-19 di daerah untuk membentuk tim-tim pemantau kondisi kesehatan pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri sehingga kondisi pasien dapat terpantau dengan baik,” ujarnya.

Azis mengharapkan Pemda dan Satgas Penanganan Covid-19 untuk menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai prosedur pelaksanaan isolasi mandiri, sebab banyak pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri namun tidak memahami apa yang harus dilakukan.

“Satgas harus memberikan informasi mengenai sisi obat-obatan dan makanan yang harus dipenuhi, serta berapa lama isolasi mandiri dilaksanakan, dan bagaimana kriteria pasien pulih dari Covid-19 untuk menyudahi isolasi mandiri,” tegasnya.

Terakhir Azis mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, membatasi mobilitas, menghindari kerumunan massa, serta meminta masyarakat bekerja sama dan mengikuti arahan petugas jika karantina wilayah diberlakukan, guna mencegah penyebaran virus Corona semakin meluas.

“Mari kita disiplin dan mengikuti anjuran Pemerintah agar Indonesia terbebas dari virus covid 19 dan ekonomi kembali bangkit,” tutupnya. (*)