Dosen & Mahasiswa FISIP Unismuh Laksanakan PkM Internasional di Davao Filipina

oleh -21 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS- Upaya mendorong internasionalisasi terus dilakukan oleh FISIP Unismuh. Termasuk dalam mewujudkan dharma pengabdian, sebagai bagian dari catur-dharma Unismuh Makassar.

Hari Jumat 5 Agustus 2022, Dr. Ihyani Malik, Dekan FISIP Unismuh dan segenap pimpinan program studi melepas tim pengabdian kepada masyarakat (PkM) FISIP Unismuh, yang terdiri dari Andi Luhur Prianto dan Ahmad Harakan sebagai dosen pengabdi, yang berkolaborasi dengan mahasiswa Alfira Putri Rengganis (Prodi Ilmu Pemerintahan) dan Muhammad Anas (Prodi Ilmu Adminustrasi Negara). Tim PkM FISIP Unismuh Makassar ini mengusung tema “Sosialisasi Sistem Sosial Politik dan Budaya Bangsa Pada Diaspora Indonesia di Davao City, Filipina”. Kegiatan yang akan berlangsung bukan Agustus – September 2022, mendapat dukungan hibah dari Lembaga Penelitian, Pengembangan, Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar.

Dalam sambutan pelepasan tim, Dr. Ihyani Malik, Dekan FISIP Unismuh, mengatakan “kami berterima kasih pada LP3M Unismuh atas dukungan pada aksi-aksi internasionalisasi yg terus kami lakukan. Semoga menjadi pembuka jalan untuk pengabdian yang lebih luas, bagi persyaratan dan bangsa”.

Sementara Ahmad Harakan, dosen pengabdi yg juga bertindak sebagai Dosen Pendamping Lapangan (DPL) pada KKN Internasional UMY, Unismuh, UM Babel, STMF Cirebon di Mindanao Selatan Filipina, mengatakan “kegiatan pengabdian kami dirangkaikan dengan KKN kolaborasi internasional dari berbagai perguruan tinggi Muhammadiyah. Kami berharap agenda-agenda pengabdian ini bisa berkontribusi bagi pengembangan institusi kami kedepan. Termasuk terus memperluas jejaring mitra strategis untuk internasionalisasi program”.

Dijadwalkan tim ini akan melakukan kunjungan penjajakan kerjasama dengan Ataneo de Davao University. Selain melakukan aktivitas pengabdian, tim PkM ini juga diagendakan memeriahkan perayaan Kemerdekaan RI ke 77 di KJRI Davao Filipina.