Diduga Gelapkan Dana Miliaran, Ketum IGI Pusat di Somasi Pengurusnya

oleh -68 views

UPDATESULSEL.NEWS- Sejumlah pengurus ikatan guru Indonesia ( IGI) dari berbagai daerah melayangkan somasi kepada ketua umumnya yang masih dijabat oleh Muhammad ramli rahim . somasi tersebut telah diberikan langsung kepada Ramli melalui surat.

Tindakan somasi tersebut, menyusul adanya dugaan oleh sejumlah pengurus, penggelapan dana sumbangan dari PT.samsung electronic Indonesia senilai Rp. 1,5 M yang dilakukan oleh Ramli rahim.

Wakil ketua IGI Sulsel, Bagus Dibyo Sumantri dalam keterangan persnya mewakili pengurus IGI yang sedang melaksanakan kongres pemilihan ketua umum periode 2021-2026 Jumat 29 Januari 2021, mengungkapkan sumbangan senilai Rp 1,5 miliar itu sebelumnya diperuntukkan untuk pelatihan dan peningkatan kompetensi guru di seluruh Indonesia.

“ Dana sumbangan itu awalnya untuk pelatihan dan peningkatan kompetensi guru. Namun tanpa sepengetahuan pengurus, uang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi, jelas kami keberatan dan dirugikan”, tegas Bagus.

Terkait persoalan tersebut kata Bagus, sekumpulan anggota IGI yang merasa dirugikan memberikan kuasa kepada salah satu pengacara nasional Law Office Raka Gani Pissani, SH & Partners untuk melakukan somasi dan tindakan hukum (legal action) jika tidak ada penjelasan dari Ramli rahim terkait kejadian tersebut.

Selain itu pengurus juga keberatan dengan tindakan MRR sapaan Muhammad Ramli Rahim yang diduga telah merubah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Ketetapan Kongres II Ikatan Guru Indonesia yang berlangsung di Makassar 30 Januari 2016 lalu.

“Ada penambahan materi muatan dalam Pasal 6 ayat (1), yaitu berupa frasa Ketua Umum diberikan kuasa untuk membuka rekening dan bertransaksi perbankan atas nama masing-masing tingkatan kepengurusan IGI di seluruh Indonesia. Padahal pasal itu tidak ada pada penetapan Kongres II IGI di Makassar lalu,” beber Bagus.

Perubahan AD/ART inilah memungkinkan pengurus untuk mengelola dana organisasi secara pribadi. Hal itu juga dibuktikan dengan adanya temuan transfer dana sebesar Rp. 1.500.000.000 dari rekening IGI Pusat ke rekening pribadi MRR.

Sementara itu MRR saat dikonfirmasi terkait dugaan tersebut mengungkapkan, permasalahan tersebut sudah tuntas. Ia juga mengatakan Pengurus Pusat (PP) IGI telah menyelesaikan Berita Acara Penyelesaian Keuangan PP IGI yang ditandatangani Skertari Jenderal dan Bendahara Umum PP IGI 15 Januari lalu.

“Berita acara dan pernyataan penyelesaian persoalan PP IGI sudah diputuskan secara bulat oleh PP IGI dan ditandatangani oleh Sekjen, Bendahara Umum dan delapan saksi dari PP IGI. Jadi saya tak perlu tanggapi karena ini menjelaskan dengan sendirinya,” ungkapnya. (*)