Didaulat Jadi Narasumber Isolasi Apung, Danny Paparkan Strategi dihadapan Dirjen Hubla

oleh -61 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS– Isolasi apung terpadu yang diinisiasi Walikota Makassar Moh. Ramdhan Danny Pomanto telah menjadi trending topik nasional bahkan dunia, karena dinilai sukses menekan angka Covid 19 di Makassar, sehingga banyak daerah lainnya ingin menerapkan hal serupa didaerahnya.

“Melihat kesuksesan Pemerintah Kota Makassar menggunakan kapal Pelni sebagai tempat isolasi apung, banyak sekali kabupaten kota ingin menjadikan isolasi apung terpadu sebagai wadah mengurangi angka Covid 19,” ucap Direktorat Jendral Perhubungan Laut RI R. Agus H. Purnomo saat membuka kegiatan media relation secara Virtual.

Dalam kesempatan ini, Walikota Makassar Moh. Ramdhan “Danny Pomanto diberi kesempatan untuk membeberkan langkah langkah strateginya dalam menjalankan program Isolasi apung terpadu secara virtual. Kamis (19/8/2021)

“Saat itu kami menghitung ada 2.000 orang yang OTG isoman di rumah sendiri, tetapi ada beberapa rumah yang tidak layak untuk dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri, maka dari tu saya berpikir bagaimana cara untuk mendapatkan daya tampung bagi 1.000 orang. Dari situlah saya terpikirkan untuk di laut dan setelah itu saya langsung diskusi dengan tim untuk melaksanakan isolasi apung.dengan pemandangan yang begitu indah di pantai losari, karena laut sangat baik untuk proses penyembuhan dengan 200 meter dari daratan Kota Makassar,” beber Danny

Menurut Danny ada tiga tujuan yang ingin dicapai Pemerintah Kota dalam Program Isolasi Apung terpadu ini.

“Ada tiga tujuan yang ingin kita capai melalui program isolasi apung, yaitu Recover, Training, dan Recreation. Kami punya tim detektor berjumlah 15. 0000 orang yang bekerja secara door to door turun ke rumah warga mulai dari tingkat RT melakukan tracing, dan semua aktifitas tracing oleh tim detektor dikontrol melalui War Room yang terletak dilantai 10 Menara Kantor Balaikota,” terang Danny.

Kata Danny saat ini pandemi Covid 19 di Makassar terus alami penurunan biasanya 700an perhari, sekarang sisa dibawah 200 perhari.

“Fakta membuktikan setelah KM Umsini beroperasi dan PPKM level 4 diberlakukan kasus Covid 19 juga terus mengalami penurunan,” kata Danny.

Danny juga memberikan apresiasi kepada pihak pihak yang telah memberi dukungan dan bantuan terhadap program isolasi apung.

Berkat adanya isolasi apung ini banyak bantuan dari warga kota Makassar sangat banyak seperti bantuan tabung oksigen, APD dan masih banyak kebutuhan lainnya, ini bentuk ini adalah bentuk simbol kolektif masyarakat Kota Makassar penanganan perlawanan Covid 19.(*)