Di Kegiatan PB HMI, Menko Perekonomian, Airlangga Puji Inovasi Penangan Covid Wali Kota Makassar

oleh -58 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Pimpinan Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) BBidangEkonomi Pembangunan menggelar kegiatan Economic Talk bertajuk “Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Inovasi Pemerintah Daerah dalam Penanganan Pandemi Covid-19”, Selasa (31/8/2021).

Dalam kegiatan ini, turut hadir Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto dan Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto yang juga menjadi pembicara.

Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan bahwa, masalah ekonomi ini sangat berkaitan dengan kesehatan dan juga sosial.

“Kita bicara ekonomi, kita juga bicara kesehatan, kita bicara ekonomi, kita juga bicara sosial. Kita tidak bisa membahasnya satu persatu. Maka Makassar Recover menjawab pandemi dengan 3 macam jawaban, yaitu bagaimana perkuatan di bidang kesehatan, bagaimana kecepatan membentuk adaptasi sosial, dan kecepatan pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Lelaki yang akrab disapa Danny ini juga mengungkapkan bahwa Makassar memiliki program yang sangat jelas terkait pemulihan ekonomi dan tengah mempraktekkan hal ini.

“Ada Hibridasi Ekonomi, Ekonomi Normal Baru, Insentif Ekonomi Taat Prokes, Bangkitkan Ekonomi Baru, dan selanjutnya adalah Makassar Virtual Economic,” ungkap Danny.

Selain itu, Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto juga memuji inovasi yang telah dilakukan oleh Wali Kota Makassar dua periode ini.

“Inovasinya mantap pak. Kita semangat karena kasusnya turun pak,” katanya.

“Kita melihat bahwa di kuartal April, Mei, dan Juni kemarin pertambahan kasus dibawah 100 ribu dan pertumbuhan ekonomi bisa di dorong ke 7,07 persen,” jelasnya lagi.

Airlangga Hartarto juga meyebutkan inovasi yang telah dilahirkan dari berbagai daerah dalam melakukan penanganan Covid-19.

“Contoh Inovasi yang dilahirkan di berbagai daerah itu Kudus, Kalimantan Selatan, Bandung, Semarang, Makassar, dan Padang dengan Kapal Pelni yang menjadi inovator PPKM,” tutup Airlangga. (*)