Dewan Berikan Saran Perampungan Admistrasi Laporan Penggunaan Anggaran Sebelum Wali Kota Melantik Pejabat

oleh -182 views
oleh
Anggota DPRD Kota Malassar, H. Sahruddin Said

UPDATESULSEL.NEWS – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto akan melantik 24 pejabat hasil lelang jabatan pada 31 Desember nanti. Pelantikan akan digelar di Atrium Lapangan Karebosi. Bahkan, Camat berpotensi akan diangkat menjadi Kepala Dinas.

Anggota DPRD Kota Makassar, H. Sahruddin Said mendukung langkah Wali Kota Makassar dalam menata pemerintahan, demi menghadirkan pelayanan maksimal untuk masyarakat.

“Siapapun yang dangkat menjadi kepala Dinas itu hak pak Wali Kota. Saya melihat jika, pak Wali Kota akan menempatkan pejabat-pejabat yang serius mau bekerja. Semua itu untuk kepentingan masyarakat. Apalagi saat ini dimasa pandemi, masyarakat menginginkan pelayanan maksimal dari pemerintah Kota Makassar. Saya rasa pak Wali.

Bagi Politisi muda PAN Kota Makassar ini, tak mempersoalkan jika camat diangkat menjadi kepala Dinas. Sebab, para Camat memiliki modal pengabdian pelayanan langsung untuk masyarakat.

“Jika saja pak Wali Kota mengangkat camat jadi kepala Dinas maka itupun sangat baik. Semua itu adalah langkah mewujudkan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Apalagi camat punya modal pengabdian langsung ke masyarakat. Siapapun akan dilantik nantinya, saya rasa kita perlu dukung demi menghadirkan pelayanan yang semakin baik untuk masyarakat,” kata, H. Sahruddin Said, Senin (27/12/2021).

“Kalau bisa memberikan saran, baiknya pak Wali Kota memberikan kesempatan pejabat atau Kepala Dinas yang saat ini masih menjabat menyelesaikan admistrasinya dalam hal pertanggung jawaban penggunaan anggaran yang mana itu dikenal dengan bahasa laporan akhir tahun atau tutup buku. Karena semua SKPD/OPD saat ini menyelesaikan admistrasi penggunaan anggaran, agar tidak ada tenuan-temuan dari pemeriksaan. Setelah pejabat atau kepala Dinas/OPD menyelesaikan admistrasi laporan penggunaan anggaran, maka pelantikan baiknya sudah bisa dilaksanakan,” ungkap, H. Sahruddin Said.

Untuk itu, 24 pejabat yang dilantik ini telah melalui beberapa tahapan. Mereka melewati fase akhir yakni pengajuan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Sebelum diajukan ke ASN, timsel menyodorkan masing-masing 3 nama dari 24 jabatan. Tiga nama itu dipilih satu orang oleh wali kota sebagai tahapan akhir sebelum ke KASN.

Sementara Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, 24 nama sudah final. Mereka dipilih berdasarkan kompetensi dan kemampuan manajerial.

Sayangnya Danny sapaan akrab WalibKota Makassar itu masih enggan memberi bocoran nama nama pejabat yang terpilih.

“Beberapa pejabat yang saat ini menduduki jabatan sebagai Plt belum tentu akan dilantik sebagai pejabat definitif. Bisa jadi camat jadi kepala dinas (kadis),” katanya.

Yang pasti kata dia, 24 pejabat ini adalah pilihan terbaik.

“Yang terbaik lah. Bisa camat masuk bisa tidak,” kuncinya.

Saat pelantikan nanti. Pemkot Makassar akan membatasi undangan untuk mengantisipasi kerumunan. Pelantikan hanya akan dihadiri pejabat bersangkutan.

“Yang mau dilantik saja. Pelantikan nanti tidak pakai sandal karena mau salat habis itu zikir. Tidak ada yang lain kecuali yang mau dilantik,” kata Danny. (*)