Debat Akhir Paslon Pilkada Makassar, Pakar Unhas Sebut Program Danny-Fatma dan Ical-Fadli Ananda Paling Rasional

oleh -165 views

UPDATESULSEL.NEWS- Seluruh 4 (empat) pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar telah mengikuti debat kandidat terakhir jelang pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar yang diselenggarakan oleh KPU Kota Makassar di Jakarta, Jumat (4/12/2020).

Pakar politik Universitas Hasanuddin, Ali Armunanto menilai masing-masing pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar pada debat akhir fokus pada program masing-masing. Sebab, tawaran program adalah hal yang wajib direalisasikan pasangan calon jika terpilih nantinya.

“Saya rasa hari ini semua kandidat lebih fokus dalam pemaparan programnya, dan minim dalam menyerang pihak lawan. Saya rasa ini debat yang ideal. Secara keseluruhan, program yang disajikan juga cukup jelas, namun debat hari ini juga memperlihatkan siapa paslon yang punya visi, misi dan program yang konkrit dan siapa yang hanya berwacana saja.

Mengamati pemaparan program dari seluruh pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar. Ali Armunanto menilai pasangan nomor urut 1, Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi Masse dan pasangan nomor urut 3, Syamsu Rizal-Fadli Ananda yang sangat rasional.

“Saya rasa program yang paling rasional adalah pasangan calon nomor 1 dan nomoro 3,” ungkapnya. (*)