Danny Instruksikan Satgas Raika Lebih Humanis Bertindak

oleh -71 views

UPDATESULSEL.NEWS– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto memberi instruksi kepada Satgas Pengurai Kerumunan (Raika) untuk lebih humanis dalam bertindak.

Juga lebih mengedepankan pendekatan komunikasi kepada masyarakat dan pelaku usaha.

Hal itu Danny Pomanto tegaskan dalam arahannya di depan anggota Satpol PP yang tergabung dalam Satgas Raika di 15 wilayah kecamatan.

“Sebagai orang terdepan dalam penegakan hukum ketertiban di Kota Makassar, baik perda atau surat edaran wali kota, senjata yang paling kuat dan strategis adalah komunikasi. Intinya bertutur kata yang sopan dan humanis,” imbaunya di Tribun Lapangan Karebosi, Rabu (25/08/2021).

Danny Pomanto juga bilang, agar Satgas Raika harus mengambil hikmah dari apa yang beredar di sosial media.

Sebab menurut dia, Satgas Raika sudah menjalankan tugasnya. Berhadap-hadapan dengan masyarakat yang hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa melihat akibat dari penularan covid-19..

“Kalau saya melihat berita yang viral di media sosial termasuk yang bukan di kota Makassar, walau pun satpol memang bertindak benar, tapi dia lebih emosi maka itu terlihat salah. Maka kebenaran dari tugas kita tidak terlihat benar,” ujarnya.

“Tentu kita pasti akan bertemu dengan orang yang tidak taat dan melanggar aturan. Tapi itulah tantangan kita sebagai Satpol PP,” lanjutnya menyemangati.

Di kesempatan ini, Danny Pomanto memberi tiga tips kunci pengendalian diri yang lebih humanis ke Satgas Raika.

“Ada 3 tips kunci pembekalan untuk Satpol PP dalam menjalankan tugas-tugasnya di lapangan, yaitu pengendalian diri, kesabaran, dan sikap profesional. Ini yang mesti dimiliki oleh setiap personel,” pungkasnya.

Lanjut Danny Pomanto mengatakan, jika Satpol PP bisa mengendalikan dirinya, itulah Satpol PP yang profesional..

“Keras dan tegas itu bukan berarti kasar. Namun tegas itu selalu berdiri di atas hukum. Tidak gampang, tapi saya yakin anda bisa. Banyak sekali masyarakat yang respek dengan gerakan Satgas Raika. Jika tidak ada Satgas Raika ini, saya yakin tidak akan turun angka covid di kota Makassar,” tutupnya.

Satgas Raika juga diketahui mendapat tugas tambahan baru untuk mengawal penyaluran bantuan 100 ribu paket sembako kepada masyarakat yang berdampak covid-19. (*)