Cegah Penyakit pada Hewan, Diskeswan Sulsel Telah Distribusikan Bantuan Vaksin, Obat-Obatan, dan Vitamin ke Daerah

oleh -27 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan telah melakukan penyaluran bantuan vaksin dan obat-obatan untuk hewan ke Kabupaten/Kota se Sulsel.

Sepanjang bulan September tahun 2023, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel telah mendistribusikan 1.050 dosis Vaksin Rabies, 780 botol Obat Obatan, 3.219 liter Suplemen Ternak dan Sarana penunjang lainnya ke Kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Bantuan vaksin dan obat-obatan untuk hewan ini dalam rangka pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan penyakit hewan menular dan zoonosis.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, Nurlina Saking menyampaikan, bahwa bantuan vaksin, obat-obatan, dan vitamin ini sebagai langkah untuk pencegahan penyakit hewan atau ternak.

“Terkait bantuan vaksin, obat-obatan, dan vitamin yang diberikan ke kabupaten/kota, bertujuan untuk pengendalian atau pencegahan penyakit hewan atau ternak di Kabupaten/Kota,” katanya, Sabtu (7/10/2023).

Bantuan ini, kata dia, juga sebagai penanggulangan atau penanganan penyakit hewan yang terjadi di daerah.

Secara umum, kata dia, kondisi kesehatan hewan di Sulsel relatif terkendali. Meski ditahun lalu, ada beberapa wabah penyakit hewan yang terjadi di Sulsel, diantaranya PMK (penyakit mulut dan kuku).

“Insya Allha bisa dikatakan situasi yang cukup terkendali,” sebutnya.

“Untuk seluruh masyarakat yang memiliki hewan peliharaan atau ternak, kami berpesan bilamana ada kelainan pada ternaknya, tidak seperti biasanya, misalnya keliatan lesu, tidak mau makan, dan menunjukkan gejala tida seperti biasanya. Maka untuk segera menyampaikan ke petugas yang membidangi fungsi peternakan,” jelasnya.

Terlebih, disetiap Kecamatan telah ada petugas peternakan. “Bila mana ada suatu situasi penyakit yg sifatnya mewabah itu segera kita tangani. Sekaligus Early warning peringatan dini atau pencegahan pengendalian dini,” tuturnya. (*)