BBM Premium dan Pertalite Dihapus Tahun Depan, Ini Tujuannya

oleh -187 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – PT Pertamina (Persero) berencana akan menghapus bahan bakar minyak (BBM) Premium dan Pertalite pada tahun 2022 mendatang.

Rencana yang dilakukan sesuai dengan ketentuan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor P20/Menlhk/Setjen/Kum1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan sejumlah pertimbangan.

Premium sendiri merupakan produk BBM Pertamina dengan oktan 89, sementara Pertalite beroktan 90.

Kendati demikian, perseroan mendapat amanat dari Presiden Joko Widodo untuk menjalankan ketentuan itu dengan mempertimbangkan aspek keterjangkauan untuk masyarakat dan ketersediaan pasokan.

Sejak 2020, perseroan melakukan Program Langit Biru yang mendorong masyarakat untuk beralih dari Premium ke Pertalite yang oktannya lebih tinggi. Dalam program ini, Pertamina menjual Pertalite seharga Premium di sejumlah daerah.

Kesadaran masyarakat untuk menggunakan BBM yang lebih ramah lingkungan pun meningkat sejak saat itu. Selama Juni 2020 sampai dengan hari ini karbon emisi yang berhasil diturunkan pihak Pertamina adalah 12 juta ton CO2 ekuivalen.

Pada tahapan berikutnya, perseroan serta merta menghapus Pertalite. Namun, perseroan akan melanjutkan edukasi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan BBM yang ramah lingkungan dan lebih baik untuk mesin, dalam hal ini Pertamax. (*)