Andi Iwan Aras Pertanyakan Alasan Pemerintah Pusat Keluarkan Proyek Tol Mamminasata Sulsel dari PSN

oleh -60 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Pemerintah pusat memutuskan mengeluarkan proyek pembangunan tol Mamminasata Sulawesi Selatan dari Proyek Strategi Nasional.

Hal itu terungkap dalam rapat kerja komisi V yang disiarkan secara langsung dalam YouTube TV Parlemen Rabu (31/8/2022).

Rapat Dengar Pendapat (RDP) menghadirkan Dirjen Bina Marga dan Bina Konstruksi Kementerian PUPR.

Rapat dipimpin Ketua Komisi V DPR RI Lasarus didampingi wakil ketua Andi Iwan Darmawan Aras.

Dalam kesempatan itu Andi Iwan Darmawan Aras meminta penjelasan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR mencoret Tol Mamminasata dari Proyek Strategis Nasional.

Hal itu disampaikan Andi Iwan Aras dalam rapat kerja komisi V yang disiarkan secara langsung dalam YouTube TV Parlemen Rabu (31/8/2022).

“Kami minta penjelasan Pak Dirjen mengapa proyek Tol Mamminasata dikeluarkan dari PSN. Apa penyebabnya dicoret,” kata Andi Iwan Aras.

Proyek jalan Bypass Mamminasata menghubungkan Makassar, Maros, Sungguminasa dan Takalar

Proyek jalan Tol Maros-Sungguminasa-Takalar yini adalah proyek jalan Bypass Mamminasata yang sebelumnya adalah jalan lingkar terkendala dengan lahan.

Tol Mamminasata menjadi salah satu dari 12 tol yang akan dibangun tahun 2021.

Dalam kesempatan itu, Andi Iwan Aras juga memperjuangkan sejumlah proyek nasional di Sulawesi Selatan.

Khususnya di wilayah daerah pemilihannya. Seperti jembatan 45 di Kabupaten Wajo, ataupun proyek pasar.

“Kami butuh diskresi Pak Dirjen. Jarak tempuh kecamatan makan 30-45 menit, tapi kalau jembatan ini jadi maka 5 sampai karena dipisahkan sungai. Kalau turunan UU jalan belum turun, kira-kira dalam diskresi bina marga bisa tidak Pak,” kata Andi Iwan.

Andi Iwan meminta Dirjen Konstruksi tidak hanya libatkan kadin tapi juga asosiasi konstruksi dalam pengerjaan proyek nasional di Sulsel.

Ia berharap pembangunan proyek nasional di daerah berdampak pada pertumbuhan ekonomi lokal, serta membantu pengusaha lokal.

“Kadin dilandasi UU kadin tapi lebih banyak bersinggungan usaha non konstruksi. Tolong libatkan Gapensi dan lain-lain,” tegas Andi Iwan.

Menjawab pertanyaan Komisi V, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menyampaikan alasan Tol Mamminasata dikeluarkan dari PSN.

Menurutnya, proyek Tol Mamminasata itu sulit rampung pada 2024 mendatang.

“Kita keluarkan Tol Mamminasata dari PSN karena ada arahan dari pimpinan yang tidak selesai tahun 2024 untuk dicek kelayakan. Karena ini kelayakan belum memenuhi Pak. Jadi problemnya itu kelayanan dan prioritas lahan,” kata Hedy Rahadian.

Hedy Rahadian mengatakan tol Mamminasata Sulawesi Selatan masih bermasalah soal lahan.

Atas masalah tersebut sehingga dikeluarkan dari PSN.

“Untuk sementara ini kita keluarkan dulu dari PSN,” kata Hedy Rahadian.

Tentang Tol Mamminasata

Sejatinya Jalan Tol Mamminasata akan terkoneksi dengan Tol Makassar-Maros yang sudah beroperasi. Sementara rencana tol di sisi pantai Kota Makassar (Takalar-Makassar) menjadi Outer Ring Road pada sistem jaringan jalan.

Jalan bebas hambatan berbayar ini merupakan proyek dari perubahan lingkup pembangunan bypass Mamminasata.

Dilansir dari laman Simpul Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha Kementerian PUPR, Tol Mamminasata dibangun di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sepanjang 48,12 kilometer.

Dengan masa konsesi 50 tahun, proyek tol ini sebetulnya sudah dalam status Final Business Case (FBC) atau prastudi kelayakan akhir.

Adapun proyek tol tersebut akan menggunakan tipe build operate transfer (BOT) atau bangun-guna-serah.(*)