4 Tips Sebelum Memutuskan Membeli Mobil Baru

oleh -134 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Kembalinya pameran kendaraan IIMS dan GIIAS membuktikan industri otomotif Indonesia mulai menggeliat. Bahkan, menumbuhkan minat masyarakat untuk membeli mobil baru.

Selain pameran otomotif, adanya kebijakan relaksasi PPnBM 100 persen hingga Desember 2021 juga menjadi triger penjualan mobil. Meski demikian, ada beberapa hal yang musti diperhatikan oleh calon konsumen.

Berikut adalah empat langkah penting dalam membeli mobil baru yang dikutip dari berbagai sumber, Minggu, 28 November 2021:

1. Persiapkan dana
Sebelum memutuskan membeli mobil baru, sebaiknya siapkan dananya terlebih dahulu. Kemudian cari mobil yang sesuai dengan dana tersebut.

2. Perhitungkan biaya perawatan
Memperhitungkan biaya perawatan mobil biasanya sering dilupakan. Masing-masing mobil memiliki biaya perawatan yang berbeda seperti servis bulanan, bahan bakar, penggantian suku cadang hingga biaya keperluan lain.

3. Kelengkapan surat-surat
Selain biaya, yang harus diperhatikan selanjutnya adalah mempersiapkan surat dan dokumen untuk membeli mobil. Dokumen tersebut antara lain KTP dan SIM, kartu keluarga, faktur, slip gaji jika pembayaran dengan metode kredit, plat nomor, dan BPKB.

4. Asuransi Mobil
Hal ini juga dirasa sangat penting karena dapat memberikan proteksi kendaraan dari berbagai risiko yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Contohnya kerusakan yang terjadi akibat kecelakaan, risiko pencurian, perbuatan jahat, kebakaran, hingga bencana alam. (*)