1 Tahun Kinerja Mentan, Ini Tiga Catatan Guru Besar IPB

oleh -144 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Kinerja Menteri Pertanian selama satu tahun terakhir mendapat apresiasi dari Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Ahmad Firdaus.

Menurut Firdaus, Kementerian Pertanian dibawah Syahrul Yasin Limpo bisa mengemban visi misi Presiden Joko Widodo, khususnya dalam pembangunan pertanian yang jauh lebih baik.

“Catatan saya ada 3 yang membuat Kementan dibawah pimpinan Pak Menteri Syahrul berhasil membangun pertanian,” ujar Firdaus, melalui keterangan tertulis, Senin (26/10/2020).

Catatan pertama adalah penguatan logistik pangan nasional. Sementara yang kedua Kementan mampu merealisasikan pengembangan korporasi petani dalam integrated farming.

“Catatan ketiga Pak Mentan Syahrul mampu meningkatkan kapasitas penyuluh melalui program (Kostratani) yang terhubung dengan pusat data Agriculture War Room,” katanya.

Ketiga catatan tersebut merupakan awalan kinerja yang sangat bagus dalam mencapai tujuan jangka panjang lainya seperti ketahanan pangan dan swasembada pertanian secara nasional.

“Ketiga capaian tersebut sangat bagus sekali sebagai modal awal dalam pembangunan 4 tahun ke depan,” kata Firdaus.

Meski demikian, Kementan harus meningkatkan sistem pertanian modern yang berbasis digital dan mekanisasi agar Indonesia mampu berbicara banyak dalam pertanian dunia.

“Yang pasti digitalisasi harus disempurnakan lagi ke depannya agar pertanian kita semakin maju semakin mandiri dan semakin modern,” katanya.

Sementara itu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan apresiasi kepada seluruh pegawai yang terlibat dalam pembangunan pertanian selama setahun terakhir.

“Capaian ini bukan capaian saya, tetapi capaian semua jajaran Kementerian Pertanian. Tidak ada keberhasilan Menteri, yang ada keberhasilan semua jajaran yang bekerja keras,” tutupnya. (Kiki)